Bukan Raja Ampat, Ini Waduk Bajulmati Di Banyuwangi

No comment 146 views

Berikut artikel Bukan Raja Ampat, Ini Waduk Bajulmati di Banyuwangi, Semoga bermanfaat

Banyuwangi – Melihat pulau-pulau bukit kecil dikelilingi air, sepintas mirip Wayag di Raja Ampat. Padahal, ini adalah Waduk Bajulmati di Banyuwangi. Ayo ke sana akhir minggu ini.

Jika melihat foto di atas, mungkin traveler menyangka seandainya itu adalah Raja Ampat, Papua Barat. Bukan! Itu adalah salah sesuatu lokasi genangan air di Waduk Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Lokasi ini yaitu spot selfie favorit untuk wisatawan yg ingin melihat waduk yg baru rampung ini. Bukit-bukit yg tergenang air itu memang mirip dengan Wayag di Raja Ampat.

“Di sini yg bagus. Kalau di foto terlihat seolah-olah kami di Raja Ampat. Apalagi warna airnya hijau seperti laut di sana. Padahal ya air bendungan,” ujar Ayu salah sesuatu pengunjung Waduk Bajulmati yg lagi asyik selfie, kepada detiktravel, Jumat (28/10/2016).

Sekilas mirip Raja Ampat (Ardian/detikTravel)Sekilas mirip Raja Ampat (Ardian/detikTravel)

Tak cuma spot itu saja, traveler juga dapat berfoto di sepanjang jalan waduk yg panjangnya kurang lebih 100 meter. Jalan berbatas pagar ini, menyerupai lorong panjang tidak terbatas. Sementara di ujung lorong, kelihatan tebing batu besar.

“Di jembatan sana juga bagus bagi spot foto. Ada tebingnya kayak di Pantai Pandawa Bali. Saya beberapa kali ke sini,” tambah Ayu.

Waduk Bajulmati memang ketika ini menjadi primadona buat wisatawan domestik. Selanjutnya, mulai ada pengembangan pariwisata dan konservasi air serta perikanan tebar di kawasan tersebut.

Untuk masuk di kawasan Waduk Bajulmati, traveler harus membelah hutan Baluran. Lokasi waduk berada di perbatasan antaran Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Tak ada tiket masuk di waduk ini, namun pengunjung membayar parkir Rp 5 ribu.

Waduk ini jadi milik banyak manfaat (Ardian/detikTravel)Waduk ini jadi milik banyak manfaat (Ardian/detikTravel)

“Kalau Sabtu dan Minggu ramai. Banyak yg tiba dari Banyuwangi dan Situbondo,” ujar Anang, salah sesuatu petugas Waduk Bajulmati.

Waduk Bajulmati yaitu bendungan dengan tipe center core rock fill dam, dengan kapasitas total waduk 10 juta m3, luas genangan waduk 91,93 ha dan volume efektif sebesar 7,4 juta m3. Pembangunan waduk ini menelan biaya sebesar Rp 420 miliar.

Manfaat pembangunan Waduk Bajulmati adalah penyediaan air irigasi bagi menunjang intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian seluas 1.800 ha. 1.400 ha ada di Kabupaten Banyuwangi dan 400 ha di Kabupaten Situbondo.

Waduk ini juga menyediakan air baku bagi air bersih sebesar 110 liter/detik yg terdiri dari kebutuhan air bersih sebesar 50 liter/detik buat 18 ribu KK, penyediaan air baku sebesar 60 liter/detik buat pelabuhan dan industri potensi pembangkit mikrohidro 340 kW. (fay/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/29/112500/3332325/1519/bukan-raja-ampat-ini-waduk-bajulmati-di-banyuwangi
Terima kasih sudah membaca berita Bukan Raja Ampat, Ini Waduk Bajulmati di Banyuwangi. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bukan Raja Ampat, Ini Waduk Bajulmati Di Banyuwangi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.