Bukan Di Eropa, Replika Kapal Viking Justru Ada Di Amerika

No comment 100 views

Berikut artikel Bukan di Eropa, Replika Kapal Viking Justru Ada di Amerika, Semoga bermanfaat

Geneva – Vikings adalah nama suku pengembara terkenal dari Eropa. Meski begitu, replika kapal suku Viking ternyata bukan ada di Eropa, melainkan dapat ditemui di AS.

Suku Vikings tercatat dalam sejarah tinggal dan mendiami kawasan Skandinavia pada abad ke-8 hingga ke-11. Vikings terkenal sebagai suku yg suka mengembara dan menaklukkan daerah jajahannya lewat peperangan dan serangan yg brutal.

Vikings juga dikenal dengan keahliannya dalam berlayar dan membuat kapal. Kapal buatan suku Vikings terkenal tangguh dan dapat menaklukan lautan. Traveler yg tak yakin dapat menengok sendiri replikanya, tapi replika ini tak ada di Eropa melainkan ada di negara bagian Illinois, AS.

Tepatnya ada di Taman Good Templar di Kota Geneva, sekitar 3,5 jam perjalanan darat dari Springfield, ibukota negara bagian Illinois, AS. Dilihat detikTravel dari situs resmi pengelola replika kapal Vikings, Rabu (12/11/2016), replika kapal Vikings ini telah dibangun sejak tahun 1893!

Interior bagian dalam kapal Gokstad (Friends of the Vikings Ship/Facebook)Interior bagian dalam kapal Gokstad (Friends of the Vikings Ship/Facebook)

Jika dihitung-hitung, berarti replika kapal Vikings ini telah berusia 123 tahun. Kapal Vikings ini dikenal dengan nama Gokstad, dan dibangun berdasarkan metode tradisional suku Vikings. Alih-alih memakai paku, kapal ini memakai pasak besi bagi menempelkan bagian demi bagian kapal.

Kapal Gokstad ini memiliki ukuran yg lumayan besar. Lebarya mencapai 5 meter, dan panjangnya mencapai 24 meter. Replika kapal ini direkonstruksi di Norwegia, kemudian dibawa ke AS dengan cara menaikinya, melewati Samudera Atlantik, dulu Hudson River dan Great Lake hingga sampai ke Chicago.

Rupanya sebelum diletakkan di lokasinya yg sekarang, replika Gokstad ini diletakkan di Kota Chicago dalam rangka menyambut ajang World’s Columbian Exposition pada tahun 1893. Setelah ajang tersebut selesai, replika kapal ini dipindahkan ke Lincoln Park, sekitar tahun 1920.

Kapal Vikings di era jadul (Friends of the Vikings Ship/Facebook)Kapal Vikings di era jadul (Friends of the Vikings Ship/Facebook)
Kapal Vikings ini telah berusia 123 Tahun! (Friends of the Vikings Ship/Facebook)Kapal Vikings ini telah berusia 123 Tahun! (Friends of the Vikings Ship/Facebook)

Akibat perluasan Lincoln Park bagi area kebun binatang, replika kapal ini terpaksa dipindahkan dari Chicago menuju ke Illinois. Setelah mengalami restorasi dan perbaikan, akhirnya kapal tersebut resmi pindah ke Good Templar Park di Geneva di tahun 1994, sampai sekarang.

Kini, traveler mampu melihat replika kapal Vikings ini sebagai destinasi wisata. Kapal ini masih menampilkan bentuk asli khas Vikings berupa hiasan kepala naga di bagian depan dan ekor naga di bagian belakangnya.

Untuk mampu melihat replika kapal Vikings ini dari dekat, traveler harus membayar biaya tiket sebsar USD$ 5 (Rp 65 ribu) bagi dewasa dan USD$ 3 (Rp 38 ribu) bagi anak-anak. Selamat mencoba!

 Kapal Vikings ini kini jadi destinasi wisata (Friends of the Vikings Ship/Facebook) Kapal Vikings ini kini jadi destinasi wisata (Friends of the Vikings Ship/Facebook)

(wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/12/174000/3319163/1520/bukan-di-eropa-replika-kapal-viking-justru-ada-di-amerika
Terima kasih sudah membaca berita Bukan di Eropa, Replika Kapal Viking Justru Ada di Amerika. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bukan Di Eropa, Replika Kapal Viking Justru Ada Di Amerika"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.