Buddha Park, Taman Dengan Patung Jumbo Dari Laos

No comment 227 views

Berikut artikel Buddha Park, Taman dengan Patung Jumbo dari Laos, Semoga bermanfaat

Vientiane – Jika Thailand mempunyai taman dengan patung jumbo bernama Sala Keoku, maka Laos pun demikian. Terdapat Buddha Park dengan isi yg hampir sama persis.

Berjarak sekitar 25 kilometer dari ibu kota Vientiane, Anda mulai menemukan taman bercorak Hindu dan Buddha yg dikenal pula dengan nama Xiengkuane Buddha Park. Pembuat taman ini kata Tony, pemandu tur dari Laos kepada detikTravel, Minggu (5/2) yaitu orang yg sama dengan pembuat Taman Sala Keoku.

Taman ini dibangun kira-kira pada tahun 1958 oleh Luang Pu Bunleua Sulilat. Letaknya persis di sisi Sungai Mekong.

Buddha Park, Taman dengan Patung Jumbo dari LaosTaman dari atas bangunan berbentuk labu (Masaul/detikTravel)

“Alasan pembuatannya karena di sini tempat tinggal bapak ibunya. Jadi di taman ini merefleksikan sisi yang lain dari agama Buddha dan Hindu,” ujar Tony kala itu.

Selain patung Buddha dan dewa-dewa dalam agama Hindu, ada pula bangunan pelengkapnya. Salah satunya bangunan berbentuk seperti labu dengan dengan pohon kehidupan diatasnya.

Bukan tanpa arti, bangunan bulat ini menandakan perjalanan hidup manusia. Terdapat 3 lantai di dalam bangunan ini.

Buddha Park, Taman dengan Patung Jumbo dari LaosSalah sesuatu patung jumbo yg merefleksikan campuran Buddha dan Hindu (Masaul/detikTravel)

Lantai pertama atau dasar merefleksikan tentang bagaimana kondisi neraka. Dengan pencahayaan lampu berwarna merah, kelihatan berbagai siksaan yg didapatkan manusia saat di dunia banyak melakukan dosa.

Lantai kedua merefleksikan tentang kehidupan di bumi. Pengunjung mampu melihat bagaimana manusia bekerja dan beraktivitas sehari-harinya.

Lantai ketiga adalah gambaran tentang kondisi surga. Dimana traveler mampu melihat ganjaran yg diterima manusia yg selalu melakukan kebaikan saat masih hidup.

Buddha Park, Taman dengan Patung Jumbo dari LaosTak cuma Buddha, agama Hindu amat kental di taman ini (Masaul/detikTravel)

Tak berhenti disitu, Anda masih mampu ke lantai paling atas. Seperti layaknya balkon, tempat ini berada di atas bangunan labu. Anda mampu memandang lebih luas ke semua penjuru taman.

Buddha Park akan dibuka bagi umum pada tahun 1975. Karena tak jauh dari kota, taman ini pun menjadi rujukan destinasi wisata sesuatu paket ketika perjalanan ke Vientane.

Taman ini buka setiap harinya dengan tiket masuk perorangnya sebesar 5.000 Kip (Rp 8.300), kamera 3.000 Kip (Rp 5.000), dan parkir 5.000 Kip. Traveler bisa pula membeli suvenir di lokasi ini berupa gantungan kunci dan lukisan bercorak Hindu-Buddha.

Destinasi merupkan tempat singgah para wisatawan perjalanan dari Thailand menuju Vientiane, Laos (Masaul/detikTravel)Destinasi merupkan tempat singgah para wisatawan perjalanan dari Thailand menuju Vientiane, Laos (Masaul/detikTravel)

(msl/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/16/150412/3424348/1520/buddha-park-taman-dengan-patung-jumbo-dari-laos
Terima kasih sudah membaca berita Buddha Park, Taman dengan Patung Jumbo dari Laos. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Buddha Park, Taman Dengan Patung Jumbo Dari Laos"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.