Buat Libur Lebaran, Apa Yang Baru Di Ancol?

No comment 141 views

Berikut artikel Buat Libur Lebaran, Apa yang Baru di Ancol?, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Saat libur lebaran tiba, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, kadang penuh sesak oleh pengunjung yg berdatangan dari ragam daerah. Kemacetan di loket masuk biasa berlanjut ke jalur-jalur internal antar wahana di Ancol.

Pada libur lebaran tahun lalu, misalnya, pengunjung Ancol mencapai 754.000 orang. Pada tahun ini, Ancol tidak mengurangi target kunjungan 2016 menjadi lebih kurang 874.000 atau sekitar 185.000 pengunjung per hari. Apa yg baru?

Pada 7-9 Juli 2016, Ancol menerapkan sistem parkir sentral. Pengunjung yg masuk membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil mulai diarahkan petugas Ancol menuju tempat parkir khusus. Parkir sentral telah disiapkan di wilayah barat, timur, dan selatan kawasan Ancol.

“Nantinya, seluruh jalan masuk (Ancol) mulai ditujukan ke parkir sentral,” kata Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, ketika konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/6/2016).

Untuk menuju wahana wisata di Ancol, pengunjung mampu memakai fasilitas bus wara-wiri berjumlah lebih kurang 105 bus. Fasilitas ini gratis buat seluruh pengunjung Ancol.

Sebanyak 65 bus berukuran besar dengan kapasitas 50 penumpang mulai memenuhi jalur dari utara menuju wahana Gondola yg menjadi tempat transit bus utama.

Lalu, 40 bus berukuran sedang dengan kapasitas sekitar 25 orang mulai mengangkut penumpang dari arah selatan Ancol.

Bus juga menyediakan fasilitas khusus buat ibu hamil, manula, dan penyandang kursi roda. Rencananya, bus wara-wiri selama pukul 05.00 WIB sampai 20.00 WIB.

“Di setiap bus juga ada penanda arah bagi memudahkan pengunjung,” ucap Sahir.

Fasilitas penunjang yang lain turut ditambah pula. Mushala dan tempat wudhu dibangun dan ditargetkan rampung sebelum libur lebaran.

“Tahun dahulu kita lihat antrian wudhu sangat panjang, jadi kalian tambah. Untuk tempat shalat juga kita siapkan tenda-tenda khusus (sebagai mushala),” tutur Sahir.

Tak cuma itu, Ancol menyiapkan 1.225 petugas yg terdiri dari petugas keamanan internal, polisi, lifeguard, dan anggota pramuka. Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, 271 petugas kebersihan disebar di segala unit rekreasi. Lebih kurang 16 truk pengangkut sampah juga dikerahkan.

KOMPAS.COM/ADHIS ANGGIANY Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana, berbicara tentang persiapan Ancol menghadapi kepadatan pengunjung ketika libur lebaran 2016 pada konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/6/2016).

“Pengamanan sudah, kerja sama dengan polisi dan pihak yang lain juga telah kalian lakukan. Harapannya, lebaran di Ancol (tahun ini) dapat lebih baik, kenyamanan juga terjamin,” ujar Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana, pada kesempatan yg sama.

Wahana baru

Selain fasilitas penunjang, wahana di unit rekreasi Ancol juga bertambah pada musim libur lebaran 2016. Di Pantai Lagoon, pengunjung mampu menjajal water sport seperti aqua fun, banana boat, donut boat, kayak, perahu bebek, dan parasailing.

Aqua fun ini baru kita datangkan dari Amerika Serikat,” ucap Sahir.

Saat mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan), wahana film simulator mulai menampilkan petualangan baru, merupakan “Panic House”.

Di sini, pengunjung diundang ke sebuah rumah bergaya victoria yg indah dan megah. Begitu telah di dalam, kepanikan mulai menyergap dengan kehadiran zombie dan monster.

Selain itu, unit rekreasi yang lain seperti Atlantis, Seaword, Ocean Dream Samudra, dan Putri Duyung menyuguhkan wahana-wahana baru.

Liburan seru dan lengkap telah menunggu di Ancol!

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/29/204829627/buat.libur.lebaran.apa.yang.baru.di.ancol.
Terima kasih sudah membaca berita Buat Libur Lebaran, Apa yang Baru di Ancol?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Buat Libur Lebaran, Apa Yang Baru Di Ancol?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.