Blusukan Di Pasar Dubai Demi Melihat Cincin Terbesar Di Dunia

No comment 240 views

Berikut artikel Blusukan di Pasar Dubai Demi Melihat Cincin Terbesar di Dunia, Semoga bermanfaat

DUBAI, KOMPAS.com – Langkah kaki kita begitu cepat, seakan setengah berlari. Kami berada di tengah-tengah pasar di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Bukan karena pasar mulai tutup sebentar lagi tapi karena agenda kalian begitu padat.

Malam telah larut. Jika sesuai agenda, seharusnya kalian telah akan menikmati makan malam. Alih-alih demikian, kalian malah masih tengah asyik menjelajahi pasar tradisional.

Pasar ini begitu akrab di kalangan turis. Seakan tempat wajib dikunjungi wisatawan yg ingin melihat wajah tua Dubai. Di tengah gemerlap modernitas Dubai, turis mampu melihat sisi tradisional di pasar ini.

Ada beberapa shouq atau pasar dalam bahasa setempat, yg letaknya bersebelahan. Pasar pertama adalah Spices Shouq atau pasar rempah-rempah. Masuk ke dalam pasar di sisi yg berbeda adalah Gold Shouq atau pasar emas.

Sebelumnya, Gabriel, pemandu wisata dari Arabian Adventures yg mengantar rombongan jurnalis Indonesia dalam famtrip Emirates, Senin (21/11/2016), sudah menceritakan sekilas tentang pasar emas ini. Pasar inilah tempat orang berburu emas dan semua rupa perhiasan serta aneka berlian.

“Orang lokal juga berbelanja di sini. Saya juga beli cincin pernikahan di pasar ini,” kata Gabriel yg sebenarnya asli Rumania tapi sudah bekerja dan menetap di Dubai selama lima tahun.

Ia menuturkan ada banyak tempat di Dubai bagi berbelanja emas dan perhiasan, misalnya di mal dan pusat perbelanjaan lainnya. Namun hal yg berbeda adalah di shouq, harga dapat ditawar.

“Jadi Anda memang harus pandai menawar, tawarlah sampai 50 persen dari harga,” tutur Gabriel.

Namun karena tergesa-gesa, kita tidak sempat bertanya pada para pedagang mengenai harga emas dan perhiasan yg ditawarkan di pasar tersebut. Ada papan yg menunjukan harga emas pada hari itu. Sayangnya, ketika aku mengecek papan tersebut, kolom harga malah kosong.

Sepanjang masuk ke dalam pasar dipenuhi toko-toko yg begitu terang benderang. Begitu kontras dengan suasana di luar pasar yg gelap karena malam telah tiba. Sebenarnya akibat efek lampu toko tapi kilau emas dan berlian semakin “membutakan” mata.  

Di tengah perjalanan yg setengah berlari, Gabriel tiba-tiba berhenti. Kami yg mengekor di belakang pun sontak ikut berhenti tanpa tahu alasannya.

“Coba lihat ke toko ini. Lihat ini yg di depan, ini adalah cincin terbesar di dunia,” kata Gabriel.

Sejurus kemudian, tidak cuma kita yg berhenti. Turis-turis rombongan di belakang kita pun ikut berhenti dan asyik mengambil foto cincin tersebut. Cincin itu dipajang di etalase depan, sangat jelas kelihatan oleh orang yg dulu lalang.

Pegawai toko tersebut memberikan kalian kartupos bergambar cincin besar itu. Di kartupos ini memuat seluruh informasi mengenai perhiasan itu. Saking besarnya, bentuknya lebih menyerupai mahkota dibanding cincin.

Cincin bernama Najmat Taiba atau Bintang Taiba mendapatkan rekor dunia (Guinness World Records) sebagai cincin emas terberat di dunia pada tahun 2000 dan kembali pada edisi tahun 2010.

Cincin ini dibuat tahun 2010 oleh Taiba bagi Gold and Jewellery Co. Ltd, Arab Saudi. Perlu 55 pekerja untu membuatnya selama 45 hari. Per harinya, para pekerja menghabiskan waktu 10 jam.

Total berat cincin ini mencapai 63,856 kilogram. Emas yg digunakan mencapai 58,686 kilogram emas 21 karat. Berlian swarovski yg digunakan 615 buah dengan total berat mencapai 5,17 kilogram. Diameter cincin mencapai 700 milimeter.

Cincin ini dapat dilihat di toko Kanz Tower yg berada di area Gold Shouq atau pasar emas di daerah Diera, Dubai. Toko itu menjual cincin berbentuk sama dengan Najmat Taiba tapi tentu saja dengan ukuran normal alias dapat dipakai.

Setelah asyik memfoto cincin besar itu, Gabriel kembali menyuruh kalian berjalan. Tentu saja lebih tepat mengajak kalian berlari. Sebab di depan sana, masih banyak hal menarik yg mampu kalian lihat di shouq.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/03/131000127/blusukan.di.pasar.dubai.demi.melihat.cincin.terbesar.di.dunia
Terima kasih sudah membaca berita Blusukan di Pasar Dubai Demi Melihat Cincin Terbesar di Dunia. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Blusukan Di Pasar Dubai Demi Melihat Cincin Terbesar Di Dunia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.