Blue Mosque, Destinasi Wisata Dan Ibadah Di Istanbul

No comment 169 views

Berikut artikel Blue Mosque, Destinasi Wisata dan Ibadah di Istanbul, Semoga bermanfaat

Istanbul – Selain Hagia Sophia, Istanbul di Turki milik Blue Mosque atau Masjid Biru. Destinasi itu populer buat wisatawan mancanegara buat berfoto maupun beribadah.

Disebut Masjid Biru karena interiornya berwana biru seperti kaca jendela, hingga kubah bagian dalam yg terdapat lafal dan cat bagian dalam kubah yg didominasi warna biru.

Masjid ini adalah Masjid Sultan Ahmed yg dibangun antara Tahun 1609. Masjid ini berada di kota tua Istanbul, yg lokasinya dekat dengan situs Hagia Sophia.

Banyak wisatawan yg berkunjung ke Masjid Biru ini. Ada yg melihat dan mengabadikan dengan kamera. Ada juga yg memanfaatkannya buat beribadah salat dan mengaji. detikTravel pun sempat berkunjung ke dalamnya pada Rabu kemarin (25/11/2016)

Interior bagian dalam Blue Mosque (Rois/detikTravel)Interior bagian dalam Blue Mosque (Rois/detikTravel)

Tidak sembarangan orang mampu masuk ke Masjid Biru. Pengunjung harus mematuhi peraturan. Bagi wanita yg tak mengenakan kerudung atau hijab, terlebih dulu mengenakan hijab sebelum masuk ke masjid.

Semua pengunjung juga harus melepaskan alas kaki. Sepatu atau sandal pengunjung, tetap dibawa dan dimasukkan ke dalam kantong kresek yg telah disediakan di depan pintu masuk masjid.

Di depan pintu masuk masjid, terdapat penjagaan dari keamanan masjid, yg terus mengawasi dan mengimbau pengunjung buat melepas alas kaki.

Umat yg tengah salat (Rois/detikTravel)Umat yg tengah salat (Rois/detikTravel)

Bagi wisatawan yg ingin menunaikan salat, mampu mengambil wudhu di bagian luar bawah masjid. Berbeda dengan di Indonesia, yg tempat wudhunya gandeng dengan lantai masjid atau pijakan sehingga tak perlu alas kaki lagi. Di Masjid Biru ini, wisatawan tetap diminta mengenakan alas kaki sebelum maupun sesudah wudhu.

Usai mengelilingi melihat interior Masjid Biru, wisatawan yg mampir buat salat mulai diminta memberikan sumbangan sebesar 5 Lira Turki (Rp 19 ribu) saat keluar masjid. Sebagai ganti donasi, traveler mulai mendapatkan sobekan kertas semacam tiket.

Liburan ke Turki, tentunya jangan lupa buat mampir ke Blue Mosque di Istanbul. Kagumilah salah sesuatu peninggalan Turki yg bersejarah.

Kubah Blue Mosque yg mempesona (Rois/detikTravel)Kubah Blue Mosque yg mempesona (Rois/detikTravel)

(rdy/rdy)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/25/131022/3354536/1520/blue-mosque-destinasi-wisata-dan-ibadah-di-istanbul
Terima kasih sudah membaca berita Blue Mosque, Destinasi Wisata dan Ibadah di Istanbul. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Blue Mosque, Destinasi Wisata Dan Ibadah Di Istanbul"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.