Birunya Danau Tomosu Untuk Liburan Ke Sumbar

No comment 101 views

Berikut artikel Birunya Danau Tomosu Untuk Liburan ke Sumbar, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Liburan ke Sumbar selain menikmati kuliner, mampu juga menyaksikan sajian pemandangan alam yg aduhai. Di Sawahlunto ada Danau Tomosu nan biru yg keren abis!

Siapa yg tak kenal Sumatera Barat? Ya, provinsi yg terkenal dengan potensi alamnya ini menjadi salah sesuatu tujuan destinasi wisata favorit di Indonesia. Mulai dari pantai yg landai hingga puncak gunung yg tinggi ada di sini.

Salah sesuatu kota diantara banyak kota wisata di provinsi ini adalah Kota Sawahlunto. Kota tua penghasil batubara yg menyimpan banyak cerita tentang masa penjajahan ini, wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan anda berlibur bersama keluarga.

Di sini masih banyak ditemukan bangunan yg telah berumur tua. Museum kereta api, Lobang Mbah Suro, Gudang Ransum adalah dua situs peninggalan penjajahan belanda. Di puncak cemara, Anda sekeluarga pun mampu menikmati indahnya Alam Sawahlunto dari ketinggian sambil beristirahat.

Tapi siapa sangka seandainya ada sebuah danau di kota ini yg terbentuk akibat campur tangan manusia? Danau ini bernama Danau Tomosu, atau kadang juga disebut Danau Bacan atau Danau Biru. Kenapa disebut demikian? Karena memang danau ini berwarna biru seperti batu bacan.

Dulunya di lokasi tersebut yaitu galian tambang batubara. Semenjak ditinggalkan, bekas galian tersebut terisi oleh air membentuk danau yg begitu cantik.

Untuk sampai ke lokasi, kami dapat memakai kendaraan roda beberapa maupun roda empat. Tetapi pastikan kendaraan yg mulai kami gunakan dalam kondisi keadaan yg fit. Hal ini dikarenakan kalian mulai melewati jalanan tanah berbatu yg lumayan terjal. Jarak danau dari pusat kota tak sampai 20 km. Dan jalan bebatuan yg mulai dilewati panjangnya sekitar 8 km.

Anda jangan ragu bertanya kepada warga Sawahlunto jalan mana yg harus dilewati buat sampai ke Danau Tomosu. Saya merasakan keramahan warga sekitar yg memberikan petunjuk arah. Dari simpang Napar, Anda mulai melewati jalanan tanpa aspal. Sekitar 2 km, anda mulai bertemu dengan persimpangan.

Akan ada dua orang warga yg memberikan keterangan mengenai arah menuju danau. Anda juga mulai diminta bagi memberikan sumbangan alakadarnya di sini. Sebelum memasuki kawasan danau, Anda juga mulai dikenai biaya Rp 5.000 per orang buat tiket masuk. Dan setelah sampai lokasi, mulai ada biaya parkir Rp 5.000 bagi sesuatu sepeda motor dan Rp 10.000 buat sesuatu mobil.

Untuk Anda yg khawatir dengan makanan atau minuman, di lokasi ini ada banyak warung yg didirikan warga. Anda dapat lesehan bersama keluarga menikmati pemandangan danau dari atas bukit. Apalagi angin sejuk yg berhembus tidak mengurangi ketenangan suasana danau.

Bensin pun tersedia di sini. Pantauan penulis, pada pos pintu masuk tersedia dua jeregen bensin yg mampu dibeli seandainya bensin Anda telah hampir habis.

Nah, semoga keterangan diatas mampu menjadi bekal sebelum d’Traveler bergerak menuju lokasi. Yang pasti, danau ini sangat memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/06/144100/3265489/1025/birunya-danau-tomosu-untuk-liburan-ke-sumbar
Terima kasih sudah membaca berita Birunya Danau Tomosu Untuk Liburan ke Sumbar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Birunya Danau Tomosu Untuk Liburan Ke Sumbar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.