Bertualang Ke Merauke, Bisa Bertemu Kanguru Dan Rumah Rayap 2 Meter!

Merauke – Merauke tidak cuma sekadar ujung timur Indonesia. Siap-siap, melihat kanguru yg mirip seperti di Australia dan rumah rayap setinggi 2 meter di sana.

Salah sesuatu destinasi wisata di Merauke adalah Taman Nasional Wasur, yg berjarak sekitar 67 km dari Kota Merauke dan bisa ditempuh naik mobil selama 2 jam lebih. Taman nasional ini tidak terlalu jauh dari perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Distrik Sota.

Taman Nasional Wasur yaitu bagian dari lahan basah terbesar di Papua yg masih alami. Luasnya mencapai 413.800 hektar serta masih jarang terjamah manusia. Maka tidak heran, belum banyak traveler yg tiba ke sana.

Kanguru tanah, mirip seperti kanguru di Australia (Harley B Sastha /ACI)

Dari ratusan macam satwa di sana yg paling spesial ada dua, yakni kanguru tanah dan rayap. Yang pertama adalah kanguru tanah, dengan nama ilmiah Thylogale brunii (Dusky Pademelon) dan masuk kategori kanguru terkecil di dunia.

Kanguru tanah ukurannya jauh lebih kecil dibanding kanguru yg ada di Australia sana. Beratnya cuma 3-6 kilogram, dengan tinggi tidak sampai sesuatu meter. Kanguru tanah pun tak melompat-lompat, tapi berjalan di tanah yg mana membuatnya sulit ditemukan.

Kandang penangkaran buat melihat kanguru tanah (Afif/detikTravel)

Untuk melihat kanguru ini, terdapat kandang penangkaran di dekat pintu masuk Taman Nasional Wasur. Namun ya itu tadi, karena ukurannya kecil dan berjalan di tanah, kalian harus jeli-jeli melihatnya. Ditambah, pergerakannya cukup cepat.

Kedua adalah rayap, yg bukan kelihatan unik dari ukuran badan atau sayapnya. Rayap-rayap di Taman Nasional Wasur bisa membuat rumah mereka setinggi beberapa meter dan berukuran besar!

Mungkin kalau tak ‘ngeh’, kalian melihat rumah rayap ini seperti batu. Rayap-rayap membutuhkan waktu sekitar 1-2 tahun buat membangunnya, dengan terbuat dari tanah, rumput kering, dan air liur rayap sebagai perekatnya. Jika dilihat dari dekat, dinding-dinding bangunannya terdapat lubang-lubang kecil sebagai ventilasi.

Tinggi rumah rayap yg setinggi 2 meter (Afif/detikTravel)

Rumah rayap tersebut pun sangat kokoh. Tidak gampang hancur, meskipun dihantam hujan dan didorong. Fakta menarik dari rumah rayap ini adalah, para rayap mengerjakannya di malam hari kala segala satwa tertidur.

Kanguru tanah dan rumah sayap di Taman Nasional Wasur layak masuk dalam daftar satwa ajaib di Indonesia. Sebab mereka cuma tinggal di Merauke sana, tak ada lagi di tempat-tempat lainnya.

Oh iya, terakhir, di Papua juga ada kanguru pohon. Kanguru pohon yaitu sub-spesies yg bernama Dendrolagus dorianus. Hewan ini juga mirip dengan kanguru yg ada di Australia sana. Hanya saja, ukurannya lebih kecil dan badannya kelihatan lebih tambun. Satu lagi, ciri khasnya yakni memiliki cakar yg kuat dan tajam supaya mampu kuat mencengkram batang pohon.

Kanguru pohon bisa ditemui di sepanjang jalur pendakian dari ke Puncak Carstensz, Pegunungan Tengah dari Desa Ugimba di Kabupaten Intan Jaya. Mereka hidup di ketinggian 2.000 sampai 3.000 mdpl. Yang disayangkan, pemerintah kurang memberikan edukasi kepada masyarakat Papua yg tingga di sana, sebab hingga ketika ini masih diburu dan dimakan.

Kanguru pohon yg telah diburu dan mati (Afif/detikTravel)

(aff/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/125000/3218291/1519/bertualang-ke-merauke-bisa-bertemu-kanguru–rumah-rayap-2-meter
Terima kasih sudah membaca berita Bertualang ke Merauke, Bisa Bertemu Kanguru dan Rumah Rayap 2 Meter!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bertualang Ke Merauke, Bisa Bertemu Kanguru Dan Rumah Rayap 2 Meter!"