Bertualang Berburu Nepenthes Di Lereng Gunung Rorekatimbu, Poso

Berikut artikel Bertualang Berburu Nepenthes di Lereng Gunung Rorekatimbu, Poso, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Tanaman Nephentes alias kantung semar mampu dijumpai di Taman Nasional Lore Lindu. Traveler mampu berburu tanaman langka ini di Lereng Gunung Rorekatimbu, Poso.

Gunung Rorekatimbu di Kabupaten Poso yaitu bagian dari kawasan Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah. Lokasi Gunung Rorekatimbu dekat dengan Danau Tambing, sebuah danau yg berada di ketinggian 1.700 mdpl yg tidak jarang menjadi tujuan wisata camping.

Biasanya buat menjelajahi Gunung Rorekatimbu, traveler transit dan melaporkan diri kepada petugas TN Lore Lindu di Pos Danau Tambing, yg bisa diakses dari Palu dengan jarak tempuh 2-3 jam melewati jalan Trans Palu-Napu.

Di sekitar kawasan TN Lore Lindu, berdasarkan catatan petugas, terdapat 5 (lima) macam Nepenthes merupakan Nepenthes mirabilis, Nepenthes tentaculata, Nepenthes maxima, Nepenthes Nigra, dan Nepenthes pitopangii. Saya paling penasaran dengan Nepenthes Nigra karena berwarna ungu, sangat menarik.

Akhirnya karena penasaran dengan nepenthes, aku ditemani oleh petugas dari Taman Nasional Lore Lindu pada tanggal 8-9 Desember 2016 melakukan perburuan nepenthes. Lokasi perburuan akan dari Danau Tambing (1.700 mdpl) hingga ke lereng Gunung Rorekatimbu yg aku jangkau hingga 2.000 mdpl dengan bersenjata Kamera Nikon D7000 Lensa Nikon AF-S Nikkor 28-300mm 1:3,5-5,6 G.

Beraktifitas di sekitar Gunung Rorekatimbu perlu hati-hati dan berkoordinasi dengan petugas Taman Nasional, mengingat masih ada aktivitas Operasi Tinombala yg dikerjakan oleh TNI/Polri bagi memulihkan keamanan daerah Poso. Saat ini buat belum diperbolehkan menginap atau malakukan aktivitas malam hari di Gunung Rorekatimbu, namun bagi aktivitas di siang hari dengan pendampingan petugas Taman Nasional masih diperbolehkan.

Nepenthes masih gampang ditemukan di kawasan TN Lore Lindu terutama di lereng Gunung Rorekatimbu. Namun buat macam tertentu seperti Nepenthes nigra agak sulit ditemukan, dan harus menjelajah lebih tinggi ke arah puncak. Nepenthes nigra yg berwarna ungu ini menjadi primadona para pemburu nepenthes di TN Lore Lindu.

Seteleh menemukan nepenthes di lereng Gunung Rorekatimbu maka langsung dikerjakan tembakan-tembakan dengan kamera DSLR yg aku bawa. Perlu hati-hati dan mengutamakan keselamatan mengingat nepenthes yg keadaan segar dan besar biasanya justru berada di tebing-tebing.

Beberapa nepethes berhasil aku tangkap dan dimasukkan ke dalam memori kamera. Perjalanan selalu dikerjakan hingga sekitar ketinggian 2.000 mdpl. Di ketinggian ini aku menemukan Nepenthes pitopangii yg masih kecil dan warnanya masih hijau, belum muncul warna lain. Informasi dari petugas TN Lore Lindu yg mendampingi, bahwa Nepenthes pitopangii termasuk sulit ditemukan.

Setelah setengah hari menjelajahi hutan di lereng Gunung Rorekatimbu, aku belum mampu menemukan Nepenthes nigra yg berwarna ungu. Waktu dan akses ke tempat lebih tinggi yg terbatas terpaksa harus membatasi perburuan ini. Namun bagaimanapun perburuan nepenthes di lereng Gunung Rorekatimbu Kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini cukup memuaskan.

Beberapa nepenthes berhasil aku dapatkan dan aku bawa pulang dalam memori kamesa DSLR. Hukum take nothing but picture tetap dilakukan. Biarlah nepenthes tersebut hidup di alam aslinya, dan gambarnya kami bawa pulang bagi dinikmati keindahannya.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/04/151700/3370629/1025/bertualang-berburu-nepenthes-di-lereng-gunung-rorekatimbu-poso
Terima kasih sudah membaca berita Bertualang Berburu Nepenthes di Lereng Gunung Rorekatimbu, Poso. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bertualang Berburu Nepenthes Di Lereng Gunung Rorekatimbu, Poso"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.