Bersiaplah Makan Sambil Berdiri, Es Sekoteng Boper Tak Pernah Sepi Pengunjung

Berikut artikel Bersiaplah Makan Sambil Berdiri, Es Sekoteng Boper Tak Pernah Sepi Pengunjung, Semoga bermanfaat

BOGOR, KOMPAS.com – Hidangan sekoteng akrab hadir di dua daerah di Jawa. Hidangan yg lazimnya disajikan panas dengan kuah jahe tersebut, bisa pula dihidangkan dingin, bahkan memakai es.

Di Kota Bogor, terdapat penjual es sekoteng yg telah melegenda. Walaupun kuliner ini ternyata berasal dari Bandung, namun es sekoteng ini laris sejak 1998 di kota hujan.

Es Sekoteng Boper, masyarakat Bogor biasa menyebutnya. Warung tenda di bawah pohon rindang ini dahulunya tak memiliki nama, sehingga saking ramainya pembeli setianya kerap menyebutnya dengan Es Sekoteng Boper.

Boper ialah singkatan dari Bogor Permai, toko kue legendaris yg telah berdiri lebih lama di dekat es sekoteng tersebut.

“Ya, Boper itu dinamain sama pelanggan yg dari dulu. Katanya biar ga susah nyebutnya karena deket roti Bogor Permai,” ujar Asep salah sesuatu pengelola Es Sekoteng Boper, kepada KompasTravel ketika berkunjung, Kamis (26/5/2016).

Pada hari kerja, tempat ini kerap ramai dikunjungi pembeli akan siang hari. Maklum saja tempatnya yg di tengah kota, dirasa seperti oase di tengah panasnya siang.

Sedangkan Sabtu ramai oleh anak muda dan pekan oleh keluarga. Letaknya yg berbarengan dengan berbagai kuliner lainnya membuat tempatnya tidak pernah sepi.

“Dulu sekoteng yg pertama dari 1998, selalu akan rame pas tahun 2000-an itu masuk soto, bakso, sate padang, sama yg lainnya,” ujar Asep.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Es Sekoteng Boper ini ramai menempati lahan yg ada di bawah pohon rindang, bersama berbagai makanan lain. Lokasinya terus ramai dikunjungi pelanggan akan siang hingga sore hari.

Terik siang hari di tengah kota Bogor membuat KompasTravel pun tidak tahan melihat es sekoteng ini tersaji. Lak menunggu waktu lama, es ini pun segera dilahap. Satu porsi es ini berisikan bubur pacar cina, alpukat, kelapa muda, es serut, dan guyuran susu kental manis.

Menyantap kesegaran Es Sekoteng Boper, siang hari dibawah pohon rindang yaitu alternatif kuliner yg sangat sayang dilewatkan saat melancong ke Bogor. Rasanya yg manis dan segar mulai mengobati lelah anda.

Menurut Reza, salah sesuatu pengunjung yg tiba siang itu, Kamis (26/5/2016) menyampaikan perbedaan es ini dibanding es sekoteng yang lain ialah porsi alpukat dan susunya yg terasa banyak.

“Susunya lebih terasa, sama alpukatnya banyak, kelapanya juga belum pernah nemu yg keras,” ujar Reza kepada KompasTravel.

Untuk menikmati es ini, Anda anda mampu tiba akan pukul 09.00 hingga pukul 16.30 WIB. Jangan kaget seandainya Anda tidak mendapatkan kursi ketika siang hari. Sebab makan sambil berdiri saat siang hari yaitu pemandangan tidak langka.

Satu porsi es sekoteng dijual seharga Rp 14.000. Lokasinya tidak jauh dari Istana Bogor, masuk ke Jalan Sudirman ke arah Air Mancur, persis di pertigaan Bogor Permai, Jalan Sawojajar.

Anda mulai menemukan satu-satunya es sekoteng di antara banyak pedagang kuliner lain, di bawah pohon rindang tersebut.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/05/27/130600827/Bersiaplah.Makan.Sambil.Berdiri.Es.Sekoteng.Boper.Tak.Pernah.Sepi.Pengunjung
Terima kasih sudah membaca berita Bersiaplah Makan Sambil Berdiri, Es Sekoteng Boper Tak Pernah Sepi Pengunjung. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Bersiaplah Makan Sambil Berdiri, Es Sekoteng Boper Tak Pernah Sepi Pengunjung"