Berkunjung Ke Bogor, Jangan Lupa “Sruput” Kuah Soto Kuning Ini

Berikut artikel Berkunjung ke Bogor, Jangan Lupa “Sruput” Kuah Soto Kuning Ini, Semoga bermanfaat

BOGOR, KOMPAS.com – Satu lagi soto khas Bogor yg tidak kalah lezatnya ialah soto kuning. Soto tersebut memiliki ciri khas kuah kuning yg kaya rempah. Kuningnya tersebut dihasilkan dari olahan santan yg dicampur rempah di ataranya kunyit, serai, dan lengkuas.

Soto kuning ini, selain kuahnya kuning dengan rempah, memiliki ciri khas yang lain merupakan tak memakai mi dan berisikan penuh bagian sapi. Di dalamnya terdapat berbagai jenis pilihan isi, baik rebus maupun goreng, seperti empal, otak, limpa, paru, iso, daging, babat, kikil hingga lidah.

(BACA: 5 Makanan “Jadul” Khas Bogor yg Wajib Dicoba)

Masyarakat Bogor biasa menyantapnya memakai perkedel hangat dan potongan emping, hmmm… lezatnya telah terbayangkan sebelum menyantapnya.

KompasTravel sempat coba salah sesuatu Soto Kuning Bogor yg ramai dikunjungi wisatawan, merupakan Soto Kunong Bogor Pak Yusup Gang Aut.

Soto Kuning Pak Yusup memang telah terkenal di kalangan pelancong yg menginjungi kota Hujan, selain umur sotonya yg telah sejak 1998, rasanya pun menjadi daya tarik tersendiri.

(BACA: Siraman Kuah Panas Laksa Bogor yg Menggugah Selera…)

Menurut warga Bogor, salah sesuatu cara menilai soto tersebut ialah dari tekstur dan rasa daingnya.

Maka KompasTravel pun memilih daging, paru, dan lidah sebagi isi sotonya. Bagiam tersebut pun dipotong dadu, diperi garam, dan bumbu-bumbu. Lalu disiram kuah kuning pekat nan panas. Tak lupa daun seledri dan bawang goreng ditambahkan guna tidak mengurangi cita rasa.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Soto Kuning khas Bogor Pak Yusuf, berlokasi di Jalan Suryakencana, Bogor.

Saat disruput kuahnya, Anda mulai merasakan kaya mulai rempah dan bumbu. Rasanya asin gurih, dengan sentuhan pedas yg tipis. Benar saja, saat KompasTravel melumat dagingnya tidak ada alot sama sekali, selain itu paru dan lidahnya pun tidak kalah nikmat. Jika Anda memilih daging atau lidah yg digoreng, mulai terasa sedikit garing di luar.

Isi soto yg jadi favorit di sini ialah dagingnya yg empuk, kikil dan lidahnya yg gurih dan kenyal. Dalam sesuatu hari soto di gerobak besar ini mampu menjual isi daging sampai 600 potong. Tiap sesuatu potongnya seharga Rp 10.000, sedangkan pelengkap seperti perkedel dan emping cukup tidak mengurangi Rp 3.000.

Soto tersebut buka akan pukul 14.00 hingga 19.30 WIB, berlokasi di Jalan Suryakencana No.287, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Untuk yg ingin mencobanya, jangan sapai salah tempat, karena di Jalan Suryakencana terdapat banyak kedai soto, dan ada yg memakai nama Yusuf. Sedangkan yg KompasTravel mencoba ialah Pak Yusup, cara orang sunda menyebut F dengan P.

Lokasi ini di pagi dan siang hari ditempati oleh soto kuning lain, bernama Soto Pak Bongkok. Soto tersebut lebih senior dari Pak Yusup, tetapi sedikit sulit buat menemuinya, karena jadwal jualannya yg tidak menentu.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/05/28/211400327/Berkunjung.ke.Bogor.Jangan.Lupa.Sruput.Kuah.Soto.Kuning.Ini
Terima kasih sudah membaca berita Berkunjung ke Bogor, Jangan Lupa “Sruput” Kuah Soto Kuning Ini. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berkunjung Ke Bogor, Jangan Lupa “Sruput” Kuah Soto Kuning Ini"