Berkemah Di Gunung Gede, Mengisi Ulang Rasa Sosial Dan Solidaritas

Berikut artikel Berkemah di Gunung Gede, Mengisi Ulang Rasa Sosial dan Solidaritas, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Gunung Gede yg masuk di Kabupaten Bogor dapat dituju buat Anda yg gemar kemping. Selain berwisata, traveler juga mampu belajar rasa sosial dan solidaritas.

Sibuk dengan aktivitas sehari-hari seperti belajar, kuliah, bekerja, atau aktivitas yang lain tentu membuat kalian jadi jenuh. Kejenuhan tersebut seandainya tak dikelola dengan baik dapat menimbulkan sikap yg kurang baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Tentu tak nyaman seandainya kalian menjadi pemarah, menarik diri, cenderung apatis. Untuk menghilngkan kejenuhan karena aktivitas sehari-hari yg padat, maka sekali-kali kami perlu melakukan aktivitas yg berbeda, menyenangkan, sekaligus bermanfaat buat kepribadian kita.

Salah sesuatu aktivitas tersebut adalah berkemah, atau bahasa populernya camping. Berkemah tak sekedar membangun tenda, memasak, dan tidur. Saat berkemah kami perlu menyiapkan seluruh satu bagi hidup sementara di alam terbuka.

Peralatan berkemah meyesuaikan dengan lokasi yg mulai dituju. Berkemah di pantai tentu mulai berbeda dengan di hutan atau gunung. Peralatan dasar buat berkemah adalah tenda. Saat ini tenda dengan gampang mampu dibeli di toko-toko outdoor.

Kualitas dan kapasitas tenda mulai mempengaruhi harga. Tenda buat 2-3 orang buatan dalam negeri mampu dibeli dengan harga Rp 500-700 ribu. Sementara buat tenda dari luar negeri dengan harga yg lebih tinggi. Tenda macam ultra light, yg mempunyai kualitas bagus, kuat, dan ringan juga telah tersedia dengan harga antara Rp 1,5-4 juta.

Pilihlah tenda sesuai kebutuhan dan kemampuan. Seandainya tak ada tenda, maka mampu disiasati dengan mendirikan bivak atau tempat perlindungan darurat.

Peralatan memasak yaitu salah sesuatu peralatan wajib ketika berkemah, kecuali selama berkemah mulai puasa atau mendapat layanan khusus dari jasa katering terdekat.

Memasak pada ketika berkemah adalah suatu seni tersendiri, bahkan telah menjadi suatu hobi buat banyak orang. Peralatan memasak yg ringan dan praktis juga tersedia banyak di toko-toko outdoor akan dari harga Rp 300 ribu – 1.5 juta, dapat didapakan alat masak dan kompornya. Tinggal siapkan bahan makanan yg sesuai dan bahan bakar kompor tersebut (paravin atau spiritus).

Alat yang lain yg harus dibawa adalah kantung tidur. Khususnya seandainya tempat berkemah mempunyai suhu yg dingin, peralatan bersih diri seperti alat mandi, obat-obatan sesuai kebutuhan. Selain itu ketika berkemah dapat membawa alat dokumentasi.

Selain peralatan, hal yg perlu disiapkan adalah memilih teman berkemah dengan tepat. Bertemu teman baru juga penting, namunn kenyamanan ketika berkemah jauh lebih penting.

Jangan sampai orang yg tak tepat ketika berkemah justru membuat trauma. Berkemah dalam kelompok kecil antara 3-6 orang cukup menyenangkan.

Selanjutnya adalah mencari tempat berkemah. Banyak orang Jakarta yg memfavoritkan daerah Bogor sebagai lokasi berkemah. Di lereng Gunung Salak seperti di daerah Gunung Bunder, Curug Nangka dan Sukamantri terdapat bumi perkemahan yg bisa dijangkau dari Jakarta sekitar 3 jam perjalanan. Bumi perkemahan di tempat-tempat tersebut cukup aman dan mempunyai fasilitas seperti MCK yg cukup memadai.

Saat berkemah kami mampu melakukan hal-hal yg mungkin tak mampu dikerjakan pada ketika aktivitas rutin sehari-hari. Saling bercengkerama, cerita, memasak di alam terbuka, makan bersama di sesuatu alas, bahkan bergadang semalaman sambil ngobrol dan melihat indahnya bintang yg bertaburan diiringi orkestra hewan nokturnal. Pengalaman ini sangat berharga bagi dilewatkan begitu saja.

Berkemah adalah salah sesuatu media buat bersosialisasi dan melatih kami buat hidup di tempat yg tak biasa. Berkemah juga mulai meningkatkan rasa sosial dan solidaritas kalian terhadap orang lain. Masih ragu bagi berkemah?

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/19/143000/3248939/1025/berkemah-di-gunung-gede-mengisi-ulang-rasa-sosial-dan-solidaritas
Terima kasih sudah membaca berita Berkemah di Gunung Gede, Mengisi Ulang Rasa Sosial dan Solidaritas. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berkemah Di Gunung Gede, Mengisi Ulang Rasa Sosial Dan Solidaritas"