Berjumpa Dengan Raden Saleh Di Singapura

No comment 91 views

Berikut artikel Berjumpa dengan Raden Saleh di Singapura, Semoga bermanfaat

Singapura – Raden Saleh adalah salah sesuatu pelukis ternama Indonesia. Karyanya menghiasi berbagai galeri keren di dunia, termasuk di Galeri Nasional Singapura. Yuk, lihat!

National Gallery Singapore (Galeri Nasional Singapura) adalah galeri terbesar di Singapura. Galeri ini memajang karya-karya seniman di Asia Tenggara, termasuk mendiang pelukis klasik Indonesia Raden Saleh.

Raden Saleh yaitu pelukis beretnis Arab-Jawa yg hidup di abad ke-19. Beliau dianggap sebagai pionir seni modern Indonesia, yg memadukan Romantisisme yg sedang populer di Eropa ketika itu dengan elemen-elemen Jawa.

Atas undangan dari Singapore Tourism Board, detikTravel mendapat kesempatan melihat sejumlah karya Raden Saleh ketika berkunjung ke NGS pada Sabtu (29/10/2016).

Karya-karya Raden Saleh yg dipajang di NGS antara yang lain Singa yg Terluka, Pemandangan Erupsi Gunung Merapi, dan Kebakaran Hutan. Lukisan yg terakhir di letakkan di sebuah dinding tersendiri dengan kanvas ukuran besar.

Karya Raden Saleh berupa Lukisan Erupsi Gunung Berapi (Okdwitya Karina Sari/detikTravel)Foto: Karya Raden Saleh berupa Lukisan Erupsi Gunung Berapi (Okdwitya Karina Sari/detikTravel)

Lukisan tersebut dibuat pada 1849, setelah Raden Saleh menghabiskan 20 tahun di Eropa. Lukisan tersebut menggambarkan ekspresi binatang liar ketika dikejar oleh api hingga ke tepi jurang.

“Lukisan ini diberikan sebagai hadiah kepada raja Belanda, William III. Raden Saleh kemudian mendapatkan titel sebagai Pelukis Raja,” bunyi informasi di samping lukisan.

Selain Raden Saleh, NGS turut memajang karya-karya pelukis yang lain di Asia Tenggara dan sedang menggelar eksebisi bertajuk “Artist and Empire (En) Countering Colonial Legacies”.

Di NGS, pengunjung tak cuma dapat menyaksikan beragam koleksi bersejarah dan karya-karya seniman, namun juga mampu mengekspresikan diri dengan gambar-gambar sendiri.

 Pengunjung NGS berekspresi dengan menggambar sendiri (Okdwitya Karina Sari/detikTravel)Foto: Pengunjung NGS berekspresi dengan menggambar sendiri (Okdwitya Karina Sari/detikTravel)

(wsw/wsw)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/31/123000/3333304/1520/berjumpa-dengan-raden-saleh-di-singapura
Terima kasih sudah membaca berita Berjumpa dengan Raden Saleh di Singapura. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berjumpa Dengan Raden Saleh Di Singapura"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.