Berburu Suvenir Di Desa Sade, Lombok

No comment 95 views

Berikut artikel Berburu Suvenir di Desa Sade, Lombok, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Desa Wisata Sade terkenal sebagai tempat berburu tenun Lombok. Selain itu ada pula suvenir menarik lainnya yg dapat dibeli untuk oleh-oleh.

Siapa yg tak kenal dengan Desa Wisata Sade yg yaitu salah sesuatu tempat wajib dikunjungi ketika ke Lombok. Jika kalian ke Lombok namun tak menginjakkan kaki di Desa Wisata Sade, maka dapat dibilang kalian belum pernah ke Lombok.

Desa Wisata Sade berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa ini dihuni oleh Suku Sasak Sade yg masih mempertahankan keaslian desa sesuai adat yg ada. Saat kalian berkunjung ke sini mulai dipandu oleh pemuda-pemuda yg mulai mengajak kalian mengelilingi Desa Sade sekaligus memberikan penjelasan.

Rumah adat Desa Sade ada dua bentuk dan fungsi seperti lumbung padi, bale tani (tempat tinggal warga sehari hari), balai barugak (balai pertemuan), dll. Saat aku berkunjung ke sana, di akhir tur keliling desa, pemandu mengajak kalian buat masuk ke sebuah bale tani yg paling tua di desa ini. Di Bale tani ini terdapat hiasan dinding kepala kerbau, ada juga dapur yg berisi panci-panci, piring, termos, tungku api, kayu bakar, dan yang lain sebagainya.

Salah sesuatu yg menarik dari desa Wisata Sade adalah hampir semua rumah adat menjual suvenir lombok. Ada gelang, kalung, peci, tas, syal, kaos, sarung, bahkan kain songket. Semua souvenir ini adalah asli buatan warga desa Sade.

Sarung dan kain songket misalnya, terbuat dari benang yg dipintal dan ditenun sendiri oleh warga Desa Sade. Alat tenun dan pemintal benang bisa juga dijumpai di desa ini, kalian juga mampu belajar bagi menggunakannya.

Lalu bagaimana dengan harganya? Harga yg ditawarkan tergolong terjangkau. Untuk kain songket saja aku beli dengan harga Rp 200.000. Satu hal yg menarik ketika kami berbelanja suvenir di Desa Sade ini merupakan mereka sangat senang seandainya kami menawar harga. Jadi jangan sungkan-sungkan menawar karena mereka sangat menghargai pembeli.

Nah, kalau ke Lombok jangan bingung lagi mencari tempat wisata sekaligus tempat berbelanja suvenir asli Lombok. Datanglah ke Desa Wisata Sade.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/07/105000/3292370/1025/berburu-suvenir-di-desa-sade-lombok
Terima kasih sudah membaca berita Berburu Suvenir di Desa Sade, Lombok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berburu Suvenir Di Desa Sade, Lombok"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.