Berburu Kuliner Khas Di Semarang

No comment 120 views

Berikut artikel Berburu Kuliner Khas di Semarang, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Salah sesuatu yg mampu dijelajahi di Kota Semarang adalah kulinernya. Banyak sekali makanan khas yg cuma bisa dijumpai di Semarang.

Untuk penggemar bakso, pasti tidak asing lagi dengan Tahu Baxo Ibu Pudji. Panganan berbahan dasar tahu kulit berbentuk kotak yg diisi dengan adonan bakso ini menjadi favorit pengunjung sebagai buah tangan khas Semarang.

Outlet Tahu Baxo Ibu Pudji ini telah menyebar hampir diseluruh wilayah di Semarang, namun yg paling banyak pengunjungnya adalah yg berada di daerah Ungaran.

Di outlet ini selain mampu membeli buah tangan, pengunjung juga mampu menikmati bakso yg mampu dimakan segera disana. Mulai dari bakso daging, bakso ikan, bakso ayam dan masih banyak lagi. Cocok buat disantap di dinginnya udara daerah Ungaran.

Selesai menghangatkan tubuh, ada lagi lauk khas Kota Semarang yg terkenal yakni Bandeng Presto Juwana. Pengunjung dapat membelinya di pusat oleh-oleh Bandeng Juwana Elrina yg telah mempunyai banyak cabang di Semarang.

Produk andalannya adalah Bandeng duri lunak yg diproses dari bandeng segar. Rasanya enak, empuk dan pengunjung tak perlu khawatir mulai banyaknya duri ada di dalam daging ikan ini karena semuanya telah dalam kondisi lunak.

Buat pengunjung yg tak sabar buat mencicipi kelezatan bandeng ini, mampu mengunjungi Waroeng Bandeng Juwana yg terletak di bagian lantai atas toko. Di sana pengunjung mampu coba lunpia bandeng, bandeng tauco, sate bandeng dan masih banyak lagi.

Belum lengkap rasanya ke kota semarang, tanpa membeli Lunpia. Lunpia yaitu cemilan khas Semarang yg mirip dengan risol diisi dengan rebung, ayam, udang dan telur.

Ada beberapa jenis, Lunpia Basah artinya tak digoreng lagi dan kulitnya berwarna putih. Sedangkan Lunpia kering yg harus  digoreng terlebih hingga keckolatan.

Banyak yg menjual penganan ini, tapi yg terkenal enak adalah Lunpia Gang Lombok dekat dengan Kuil Tay Ka Sek atau Kuil Laksamana Cheng Ho.

Lunpia ini bisa dinikmati dengan saus kental manis berwarna coklat dan mulai diberi lengkio sebagai pelengkap saus. Karena nikmatnya, Lunpia ini pun cepat habis diserbu penggemarnya bahkan cuma dalam waktu 3 jam saja!

Mau cemilan yg manis dan gurih? Traveler mampu mencicipi si bundar legit, Wingko Babat. Wingko babat ini sebenarnya bukan penganan khas Semarang, tapi makanan yg biasa dibuat di sepanjang wilayah Pantai Utara Jawa. Meskipun demikian, wingko babat ini sebenarnya berasal dari suatu daerah di Lamongan, Jawa Timur yakni Babat.

Di daerah Babat ini lah wingko dibuat pertama kali dan menjadi salah sesuatu penggerak perekonomian warga disana. Di daerah Semarang, makanan berbahan dasar kelapa muda ini banyak diproduksi dengan berbagai jenis rasa seperti durian, coklat, stroberi dan masih banyak lagi, tapi tetap rasa original lah yg paling banyak dicari oleh pengunjung.

Sekedar rekomendasi, wingko babat yg terkenal enak di sana adalah Wingko Babat Cap Kereta Api yg outletnya terletak di daerah Kota Lama Semarang.

Selesai berburu oleh-oleh, tak ada salahnya mengisi perut dengan yg segar-segar seperti Soto Pak Man. Soto Pak Man adalah soto ayam yg cukup terkenal di daerah semarang.

Soto bening ayam tersebut biasa dimakan dengan lauk pendampingnya seperti sate ayam kampung, perkedel kentang, tahu dan tempe goreng serta masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung dapat makan siang di warung Gulai Kambing di belakang Gereja Blendug kawasan Kota Lama Semarang.

Traveler juga mampu mencicipi kuliner lainnya seperti Soto Bangkong, kupat tahu ungaran, lekker paimo dan masih banyak lagi di Semarang. Yuk jelajahi kuliner Semarang!

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/21/135000/3349839/1025/berburu-kuliner-khas-di-semarang
Terima kasih sudah membaca berita Berburu Kuliner Khas di Semarang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berburu Kuliner Khas Di Semarang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.