Beragam Jenis Ketupat Khas Indonesia, Ini Di Antaranya…

No comment 125 views

Berikut artikel Beragam Jenis Ketupat Khas Indonesia, Ini di Antaranya…, Semoga bermanfaat

KETUPAT awal-mulanya diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga ketika menyebarkan Islam di Jawa. Ketupat terkait erat dengan Ba’da Kupat atau Lebaran Ketupat yg dirayakan sesuatu pekan setelah Lebaran.

Ada beragam macam ketupat di Indonesia, berikut di antaranya:

1. Ketupat Bareh

Ketupat Bareh yaitu ketupat khas Minang, Sumatera Barat dan juga terdapat di pesisir barat Sumatera Utara terutama di daerah Sibolga. Ketupat Bareh terbuat dari beras putih dan direbus dengan santan yg membuat rasanya gurih. Biasanya dihidangkan bersama sambal kelapa dan asam padeh ikan.

2. Ketupat Katan Kapau

Nama ketupat ini berasal dari Katan yg berarti ketan dan Kapau yg artinya dari daerah Kapau, Sumatera Barat. Ketupat ini berukuran kecil dan terbuat dari ketan yg direbus memakai santan berbumbu. Ketupat ini dapat dimakan sebagai makanan pencuci mulut atau dengan rendang dan gulai itik cabe hijau.

3. Ketupat Sipulut

Katupat Sipulut yaitu ketupat yg banyak kami temui di Sumatera Barat. Ketupat ini biasa dimakan bersama tapai ketan hitam atau rendang. Isi ketupat Sipulut agak lunak karena bagian luarnya dilumuri santan yg mengental.

4. Ketupat Palas atau Ketupat Pulut

Ketupat Palas atau Pulut dibungkus memakai daun palas (palem) dan terbuat dari ketan. Ketupat ini berasal dari Medan. Pulut sendiri dalam bahasa Medan berarti ketan. Ketupat ini berbentuk segitiga dan dimakan dengan daging rendang maupun sirup gula merah. Selain di Indonesia, ketupat ini juga terkenal di kawasan Malaysia.

(Teks: Dita/GIRLS)

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/05/210700427/Beragam.Jenis.Ketupat.Khas.Indonesia.Ini.di.Antaranya.
Terima kasih sudah membaca berita Beragam Jenis Ketupat Khas Indonesia, Ini di Antaranya…. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Beragam Jenis Ketupat Khas Indonesia, Ini Di Antaranya…"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.