Belum Banyak Yang Tahu, Afrika Punya Kota Serba Biru

No comment 129 views

Berikut artikel Belum Banyak yang Tahu, Afrika Punya Kota Serba Biru, Semoga bermanfaat

Chefchaouen – Apa yg terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Afrika? Padang savana, suku-suku atau cuaca yg panas. Ternyata, Afrika milik kota berwarna biru!

Kota biru adalah julukan buat Chefchaouen, yg berada di Maroko, Afrika Utara. Situs BBC Travel pun mengulasnya seperti dilihat detikTravel, Kamis (13/10/2016) Chefchaouen wajib masuk dalam destinasi yg dikunjungi ketika traveling ke Maroko.

Chefchaouen berlokasi di bagian utara Maroko, di kaki Pegunungan Rif. Jarak dari Rabat, ibukota negara Maroko sekitar 250 km atau naik mobil bisa menghabiskan waktu selama 4 jam.

Ribuan orang tinggal di Chefchaouen yg rumahnya saling berhimpitan. Lihatlah, hampir semua sudut kotanya berwarna biru. Dari tembok rumah, jalanan, tiang listrik bahkan hingga tong sampah!

Chefchaouen tampak dari ketinggian (Thinkstock)Chefchaouen tampak dari ketinggian (Thinkstock)

Sejarah mencatat, 500-700 tahun dahulu Chefchaouen dihuni oleh penduduk setempat dan oleh para pendatang umat Yahudi. Mereka tinggal dengan damai di sana, saling menghargai dan menjaga sesuatu sama lain.

Soal warna biru di kotanya, dimulai sejak 20 tahun lalu. Penduduk setempat mengecat dinding rumahnya dengan warna biru. Ada dua versi perihal apa maksud memberikan cat warna biru. Pertama, karena warna biru dianggap sebagai warna langit dan menjadi simbol perdamaian.

Warna biru di tiap sudut kotanya (Thinsktock)Warna biru di tiap sudut kotanya (Thinsktock)

Anak-anak kecil setempat yg sedang bermain sepakbola (David Perry/BBC Travel)Anak-anak kecil setempat yg sedang bermain sepakbola (David Perry/BBC Travel)

Kedua, warna biru dipercaya bisa mengusir nyamuk. Ketiga, hal tersebut memang disengaja agar turis tertarik dan tiba bagi berkunjung. Banyak turis yg datang, berarti banyak uang pula yg datang.

Hingga kini, tiga tahun sekali penduduk setempat mulai mengecat warna biru pada sudut-sudut kotanya. Bagi pengunjung yg datang, kota ini kelihatan sangat cantik dan instagramable banget. Malah tidak sedikit yg bilang, warna biru pada desanya seperti Desa Smurf saja!

Panorama yg cantik! (Thinkstock)Panorama yg cantik! (Thinkstock)

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/13/082528/3319493/1520/belum-banyak-yang-tahu-afrika-punya-kota-serba-biru
Terima kasih sudah membaca berita Belum Banyak yang Tahu, Afrika Punya Kota Serba Biru. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Belum Banyak Yang Tahu, Afrika Punya Kota Serba Biru"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.