Beli Suvenir Mutiara? Ini Tips Bedakan Yang Asli Dan Palsu

No comment 167 views

Berikut artikel Beli Suvenir Mutiara? Ini Tips Bedakan yang Asli dan Palsu, Semoga bermanfaat

Lombok – Kalau berencana beli suvenir mutiara di Lombok, ada dua hal yg perlu Anda perhatikan. Baik dari segi kualitas, keaslian, warna, dan juga bentuknya.

Karena bila tak memperhatikan dengan teliti, maka Anda gampang dibohongi oleh penjual mutiara. Ketika detikTravel, Rabu (1/6/2016) berkunjung ke Autore Showroom di Jalan Raya Pemenang, Teluk Nare, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Manager Autore Ion Suseno memberikan tips mengenai cara membedakan mana mutiara asli dan tidak.

“Tips cara melihat mutiara asli, itu cukup digesek ke gigi. Kalau asli di gigi berasa asin. Kalau tak ya tak asin. Cukup gampang kan. Tetapi ada lagi, mutiaranya telah asli, namun warnanya dipalsukan. Jadi pembeli mutiara musti curiga bila ada warna yg aneh. Contoh, merah jambu yg benar-benar merah jambu,” kata Ion Suseno.

Bila Anda ragu-ragu apakah warna mutiara yg mulai Anda beli asli, gesekan saja mutiara tersebut di kaca yg halus dan bening. Biasanya pasirnya mulai keluar.

Bila pasirnya keluar dan berbenturan dengan mutiara yg digesek-gesekkan ke kaca, warna mutiara yg asli mulai tetap sama dan tidak ada bercak-bercak pasirnya. Namun apabila warnanya dipalsukan, biasanya mutiaranya mulai terdapat bercak-bercak pasir dan warnanya jadi memudar.

Seno juga menjelaskan cara melihat mutiara itu bagus atau tidak. Pertama merupakan dari kilaunya. Bila kilaunya putih terang, maka mutiara tersebut adalah mutiara dengan kualitas yg bagus.

Kemudian permukaan mutiara. Mutiara dengan kualitas pertama, permukaannya tak kasar mulai tapi halus. Lalu tak terdapat pola-pola bergaris atau sebuah lubang kecil.

“Bias warna, bentuk, dan ukuran. Mutiara bulat itu bukan kami yg bentuk. Namun memang dari sananya. Makanya mutiara yg bulat agak mahal,” ucap Seno.

Mutiara yg asli, lanjut Seno juga mempunyai sertifikat. Jadi setiap pembeli membeli mutiara, ia mulai mendapatkan sertifikat. Terkadang, pembeli tiba ke tempat penjual mutiara bukan saja mencari mutiaranya namun cangkangnya.


Mutiara beserta cangkangnya (Yudhistira/detikTravel)

Cangkang tersebut terkadang dikoleksi bagi dijadikan pajangan. Ternyata, cangkang dari kerang memiliki warna yg beragam sesuai lokasi kerang itu bermukim.

“Kalau buat mencari kerang dengan cangkang putih itu terdapat di Australia dan Indonesia. Kalau cangkangnya kuning itu di Filipina, Malaysia. Dan kalau mau cari cangkangnya yg hitam itu ada di Tahiti,” tuturnya.

Para pembeli mutiara juga harus tahu kapan panen mutiara itu berlangsung. Agar selain Anda memiliki kepuasan bagi melihat dan membeli mutiara, Anda juga mendapat ilmu dari bagaimana cara mengambil mutiara dari seekor tiram.

Menurut penuturan Seno, dalam setahun ada 4 kali musim panen mutiara. Yaitu di bulan April dan Mei serta Oktober dan November. Di musim tersebut biasanya Autore dapat memanen hingga 300 ribu butir.

(yds/shf)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/02/104412/3223610/1048/beli-suvenir-mutiara-ini-tips-bedakan-yang-asli–palsu
Terima kasih sudah membaca berita Beli Suvenir Mutiara? Ini Tips Bedakan yang Asli dan Palsu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Beli Suvenir Mutiara? Ini Tips Bedakan Yang Asli Dan Palsu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.