Belanja Oleh-Oleh Di Wat Arun Thailand, Bisa Pakai Rupiah!

No comment 211 views

Berikut artikel Belanja Oleh-Oleh di Wat Arun Thailand, Bisa Pakai Rupiah!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Traveler yg belanja oleh-oleh ke Wat Arun, Thailand pasti mulai sedikit terkejut. Pedagang di sana menerima uang rupiah, dan mampu berbicara bahasa Indonesia!

Seusai menjelajahi sebuah destinasi, terasa ada yg kurang bila tidak singgah membeli oleh-oleh buat dibawa pulang. Oleh-oleh bentuknya beragam rupa, akan dari kue khas, baju kaos, sampai suvenir berupa gantungan kunci.

Aktivitas belanja oleh-oleh jenis ini pun dapat dikerjakan ketika bertandang ke Wat Arun, candi unik di tepi Sungai Chao Phraya tidak jauh dari pusat Kota Bangkok di Thailand. Hebatnya, selain mampu berbahasa Indonesia, penjual disini menerima uang dalam satuan rupiah! Penasaran?

“Silakan naik ke atas kapal terlebih dahulu,” begitu kata Oom Pacha, pemandu kalian setelah portal pelabuhan dari kayu itu dibuka.

Dari kejauhan, kelihatan jelas sebuah bangunan tinggi serupa candi dengan puncaknya yg sontak mengingatkan aku pada Candi Prambanan yg ada di Indonesia. Saya yakin, itulah Wat Arun yg mulai kalian datangi. Setahu saya, wat Arun adalah sebuah pagoda yg menjadi salah sesuatu daya tarik Thailand di sektor pariwisata.

Lagipula, sepanjang mata memandang mengikuti alur Sungai Chao Phraya yg panjang lagi luas, tidak tampak bangunan serupa. Jadi, aku semakin percaya bila bangunan yg tampak sedang di renovasi itu adalah Wat Arun.

“Itu dia tempatnya,” sela Oom Pacha seraya menunjuk sebuah tempat yg tidak yang lain adalah bangunan yg sedari tadi aku perbincangkan dalam hati.

Penumpang tiba kelompok demi kelompok. Perahu yg kita tumpangi pun akan sesak. Selang tidak berapa lama, perahu yg ternyata khusus mengangkut wisatawan yg hendak menyeberang ke Wat Arun ini ini berjalan di atas aliran Chao Phraya yg nyaris tanpa riak. Gedung-gedung pencakar langit Bangkok kelihatan berjejer gagah, diselingi puncak-puncak dua pagoda.

Perahu wisata dahulu lalang, berbaur dengan kapal raksasa yg berdasarkan penjelasan Om Pacha adalah kapal pengangkut kebutuhan pokok masyarakat Thailand. Lalu, Wat Arun pun tampak gagah di depan mata.

Mengikuti jejak langkah Oom Pacha, aku dan adik melangkah seraya tetap menatap puncak Wat Arun yg sungguh menggoda buat langsung dijelajahi. Hari itu, Wat Arun sesak oleh wisatawan, tidak terkecuali wisatawan yg berasal dari Indonesia.

Padahal, kala itu Wat Arun sedang direnovasi, sehingga ada bagian yg ditutup dan tak mampu dimasuki bagi sementara waktu. Tapi, semuanya tak menghilangkan pesona Wat Arun yg telah tersohor, utamanya di kawasan Asia.

Sebagaimana candi-candi yg ada di Indonesia, di area wisata Wat Arun juga berdiri pasar yg khusus menjual oleh-oleh khas Thailand. Mirip dengan Candi Borobudur dan Prambanan di Indonesia. Oom Pacha bilang, oleh-oleh di sini harganya jauh lebih murah dibandingkan di tempat yang lain yg ada di Thailand.

Selain itu, para penjual di sini hampir semuanya dapat berbahasa Indonesia. Selain bahasa, mata uang punya Indoneisa juga diterima di sini, tidak harus pakai baht punya Thailand.

“Mereka sengaja kursus Bahasa Indonesia, karena banyak orang Indonesia yg tiba ke sini,” jelas Oom Pacha.

Setelah puas menikmati Wat Arun yg jangkung, aku dan adik segera meminta waktu pada Oom Pacha menuju sebuah sisi dimana pasar oleh-oleh berada, sementara beliau menunggu pada sebuah warung seraya menyeruput sebotol minuman berwarna. Di dalam, suasana begitu riuh oleh beragam bahasa, tidak terkecuali Bahasa Indonesia yg boleh dibilang mendominasi.

Saya dan adik dua kali saling bertatapan seraya tersenyum sebab melihat hal agak unik ini. Setelahnya, mulailah kita berburu barang-barang unik yg dapat dijadikan sebagai oleh-oleh buat dibawa pulang, yg paling banyak adalah miniatur bangunan-bangunan identitas Thailand dan gantungan kunci.

“Terimakasih banyak,” kata penjualnya dalam Bahasa Indonesia yg fasih seraya menerima dua lembar rupiah dari kami.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/14/104700/3411833/1025/belanja-oleh-oleh-di-wat-arun-thailand-bisa-pakai-rupiah
Terima kasih sudah membaca berita Belanja Oleh-Oleh di Wat Arun Thailand, Bisa Pakai Rupiah!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Belanja Oleh-Oleh Di Wat Arun Thailand, Bisa Pakai Rupiah!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.