Belajar Cinta Sejarah Ke Museum Batak Balige

No comment 141 views

Berikut artikel Belajar Cinta Sejarah ke Museum Batak Balige, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Traveler wajib rasanya mampir ke Museum Batak di Balige. Di sini traveler dapat belajar buat lebih cinta terhadap sejarah, seni, dan budaya Suku Batak.

Berkunjung ke Danau Toba dan kawasan Toba memang mengasyikkan. Selain menikmati panorama danau Toba yg terkenal dengan keindahannya, mempelajari budaya dari masyarakat Batak juga salah sesuatu hal yg tak dapat dilewatkan begitu saja, dengan berkunjung ke Museum Batak.

Museum Batak adalah sebuah lokasi dimana kami dapat menemukan berbagai replika artifak dan kebudayaan dari peradaban Batak di tanah Toba. Kemarin, seorang teman dari Filipina tiba berkunjung ke tempat saya, bagi mengeksplorasi Danau Toba dan kawasan disekitarnya. Setelah asik bermain air di Danau Toba kemarin, hari ini aku membawanya bagi memperkenalkan budaya Batak melalui Museum Batak.

Museum Batak Berlokasi di Desa Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasa, Provinsi Sumatera Utara. Museum Batak dibangun oleh Bapak TB. Silalahi, mantan menteri di era orde baru.

Museum Batak menjadi salah sesuatu destinasi yg menyenangkan buat setiap orang yg ingin mempelajari kebudayaan Batak dari awal peradabannya hingga ketika ini. Keindahan yg ditawarkan bukan cuma berbagai artifak yg mengagumkan, namun dari Museum ini kelihatan pemandangan Danau Toba yg memanjakan mata.

Secara umum, bagian museum terbagi atas beberapa bagian. Pertama, di dalam ruangan yg berisikan berbagai artifak dan peralatan orang Batak, akan dari tataring (peralatan memasak), ulos (selendang/pakaian adat) hingga berbagai peralatan lainnya seperti tukkot (tongkat sakral), dan berbagai aksesoris yg mampu digunakan. Di luar ruangan terdapat dua replika rumah Batak yg didalamnya juga terdapat berbagai peralatan seperti alat tenun dan patung miniatur.

Di luar juga terdapat berbagai patung lainnya seperti kerbau dan papan catur yg merepresentasikan batak. Ditambah dengan angina sepoi-sepoi dan pemandangan segera ke Danau Toba, tidak mengurangi kenyamanan Museum ini.

Kami menghabiskan waktu sekitar beberapa jam bagi melihat berbagai jenis hasil kebudayaan peradaban Batak. Secara eksplisit, teman aku menyampaikan begitu puas dengan keindahan alam  Danau Toba dan berbagai hasil kebudayaan Batak yg kalian lihat di Museum Batak.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/01/112500/3198001/1025/belajar-cinta-sejarah-ke-museum-batak-balige
Terima kasih sudah membaca berita Belajar Cinta Sejarah ke Museum Batak Balige. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Belajar Cinta Sejarah Ke Museum Batak Balige"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.