Belajar Budaya Hormat Dan Tertib Dari Bangsa Jepang

No comment 107 views

Berikut artikel Belajar Budaya Hormat dan Tertib dari Bangsa Jepang, Semoga bermanfaat

Tokyo – Bangsa Jepang dikenal sangat maju, tetapi juga tertib dan menjunjung tinggi budaya hormat. Liburan ke Jepang, traveler dapat belajar banyak tentang itu.

Tentunya telah bukan rahasia umum, kalau orang Jepang dikenal sangat tepat waktu dan begitu hormat pada orang lain. Bagi traveler yg pernah bertemu dengan orang Jepang di segera atau memiliki kolega bisnis, mungkin pernah merasakannya.

Hal itu juga yg dirasakan oleh detikTravel saat berkunjung ke Jepang segera atas undangan dari Keio Plaza Hotel Tokyo pada Selasa sore minggu lalu, (10/1/2017).

Berhubung aku mendarat di Bandara Narita yg berjarak kurang lebih beberapa jam dari pusat Tokyo, moda transportasi bus pun menjadi pilihan. Nilai budaya Jepang pun telah dijumpai dari sini.

Tepat di halte bus yg ada di bagian terminal, orang-orang telah membuat antrean buat menunggu bus. Pihak pengelola jasa bus pun menanyai sesuatu per satu, perihal tujuan keberangkatan mereka. Tentu dalam bahasa lokal.

Sore itu Bandara Narita memang tak terlalu ramai. Bus menuju ke Tokyo pun sangat tepat waktu. Tidak perlu menunggu lebih dari 10 menit, bus pun telah tiba. Petugas pun langsung mengemasi koper penumpang ke dalam bus dengan cekatan.

Setelah seluruh penumpang duduk ke dalam bus. Petugas pun mengecek kembali para penumpangnya. Sesaat sebeleum bus berangkat, mereka pun membungkukkan badan ke arah penumpang bus. Sebuah sikap hormat yg sangat khas Jepang.

“Itu adalah bentuk hormat dan apresiasi, sekaligus sebagai ucapan terima kasih karena sudah memakai jasa bus kami,” ujar pemandu aku yg adalah orang Jepang asli, Yuji Dave Otsuka.

Ketika bus datang di terminal lain, petugas bus yg tengah menunggu di halte juga terlebih dahulu membungkukkan badan sesaat sebelum bus berhenti. Sikap yg sama juga dikerjakan sesaat sebelum bus kembali berjalan.

Orang Jepang yg tertib di eskalator (Randy/detikTravel)Orang Jepang yg tertib di eskalator (Randy/detikTravel)

Setibanya di Tokyo, budaya tertib pun kembali dijumpai di sejumlah tempat umum. Di eskalator Stasiun Shinjuku dan pusat perbelanjaan misalnya, tampak orang Jepang yg cuma mendominasi sisi kiri eskalator.

Saya pun teringat, bahwa sisi kiri eskalator diperuntukkan bagi orang yg santai dan tak terburu-buru. Sedangkan sisi kanan diperuntukkan bagi orang yg terburu-buru. Sebuah bentuk ketertiban bersama, sekaligus hormat untuk orang lain.

“Kalau di Tokyo seperti ini, tetapi di Kyoto dan dua tempat yang lain mereka mengantre di sisi kanan, kurang lebih seperti itu,” ujar Yuji.

Sepanjang perjalanan aku di Jepang, budaya antre dan tertib itu pun terus dijumpai di mana pun. Begitu juga dengan ucapan ‘Irasshaimase!’ (selamat datang), ‘Arigatou!’ (terima kasih) dan ‘Okaerinasai!’ (selamat tiba kembali).

Jepang memang sungguh bangsa yg maju dan beradab. Liburan ke Jepang, cobalah rasakan budaya tersebut secara langsung. Ambil nilai positifnya dan terapkan di Indonesia. (rdy/fay)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/17/092232/3397724/1382/belajar-budaya-hormat-dan-tertib-dari-bangsa-jepang
Terima kasih sudah membaca berita Belajar Budaya Hormat dan Tertib dari Bangsa Jepang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Belajar Budaya Hormat Dan Tertib Dari Bangsa Jepang"