Begini Rasanya Traveling Ke Timor Leste

No comment 123 views

Berikut artikel Begini Rasanya Traveling ke Timor Leste, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Dulu pernah menjadi bagian Indonesia, sebelum akhirnya merdeka dan menjadi negara berdulat, yakni Timor Leste. Mau traveling ke sana, ada apa ya?

Negara ini dahulu pernah menjadi bagian dari negara Republik Indonesia, sebelum akhirnya merdeka dan menjadi negara berdulat, yakni Timor Leste. Mengunjungi negara ini aku seperti berada di bumi pertiwi. Untuk masuk Timor Leste, harus memakai Visa on Arrival, tak cukup paspor. Dan itu pun dibuka dari jam 08.00 pagi dan ditutup jam 16.00 waktu Timor Leste.

Negara Tuan Matar Ruak ini memiliki dua keunikan yg sempat membuat aku geleng-geleng kepala melihatnya. Diantaranya, negara ini milik kantor imigrasi, yg menurut aku dapat dibilang paling sederhana di dunia. Dijaga 2 orang TNI di perbatasan dan 2 di kantor imigrasi .

Untuk masuk ke negara ini kami harus merogoh kocek sebanyak 35 USD buat Visa atau sekitar 450 ribu rupiah. Mereka tak menerima rupiah, cuma mata uang dollar yg digunakan sebagai alat pembayaran di Timor Leste. Jika kalian masuk  ke kota Dili, banyak kami temui Babi hutan di pinggir jalan. Mobil angkutan yg kalian temuipun dua digunakan buat mengangkut ikan, dan itu pun ditempel di bagian luar mobil.

Walaupun terbilang negara baru, Timor Leste milik infrastrukur jalanan yg relatif bagus. Jika traveler memakai mobil menuju Dili, traveler mulai merasakan perjalanan seperti menuju Meksiko. Jalanan yg kalian lalui melewati Pantai yg Indah dengan hamparan laut biru membentang .

Jalanan yg halus menunjang kenyamanan  mengelilingi di Timor Leste. Walaupun secara geografis negara ini jauh dari Portugal, namun bahasa yg digunakan sehari-harinya adalah Bahasa Portugal. Mobil-mobil pejabatnya juga di dominasi mobil mewah keluaran Eropa.

Dengan insfrastruktur yg bagus, kami masih menemui anak-anak Timor Leste yg tak memakai sepatu. Mereka bermain-main riang di tengah jalan Timor Leste yg sepi. Menutup perjalanan ke Dili, aku melihat masih ada prasasti bertanda tangan  pejabat negara Indonesia. Jika traveler pengen ke luar negeri rasa Indonesia, pergilah ke Timor Leste.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/12/135000/3318175/1025/begini-rasanya-traveling-ke-timor-leste
Terima kasih sudah membaca berita Begini Rasanya Traveling ke Timor Leste. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Begini Rasanya Traveling Ke Timor Leste"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.