Begini Cara Agar Bisa Salat Di Depan Kabah

No comment 165 views

Berikut artikel Begini Cara Agar Bisa Salat di Depan Kabah, Semoga bermanfaat

Makkah – Bisa merasakan salat di depan Kabah yaitu pengalaman yg luar biasa ketika umroh di Makkah, Arab Saudi. Inilah dua cara agar dapat salat di depan Kabah.

Menjadi kiblat salat umat Muslim, siapapun mulai terharu ketika melihat segera bangunan Kabah yg suci. Tak cuma ingin salat di Masjidil Haram, namun pernah merasakan salat di depan Kabah jadi pengalaman perjalanan tersendiri.

Meski terus dipenuhi jamaah, namun bukan berarti Anda tidak mampu merasakan pengalaman salat di depan Kabah. Disusun detikTravel, Selasa (7/6/2016) inilah dua cara agar mampu salat di depan Kabah:

1. Datang awal

Butuh persiapan matang seandainya ingin salat dekat dengan Kabah. Anda tidak dapat tiba 15 menit sebelum adzan, karena pada ketika itu telah tentu masjid ditutup.

Datang awal jadi kunci keberhasilan menuju masjidil haram. Paling lambat 1 jam sebelum adzan dan Anda pun masih mampu mencari tempat dekat dengan Kabah.

2. Khusus wanita, caril area khusus di lingkaran Kabah

Wanita tak dapat salat sembarangan di Masjidil Haram. Ada area khusus bagi jamaah wanita. Namun bukan berarti tidak dapat dekat dengan Kabah.

Di dekat lingkaran tawaf, ada area-area yg telah dibagi bagi salat. Garda berwarna putih buat wanita, sedangkan garda berwarna hijau bagi pria.

Jika tiba lebih awal, pastikan buat mendatangi area yg dilindungi garda berwarna putih. Makin jauh dari waktu salat, makin lowong area tersebut. Selamatkan tempat di bagian paling depan agar masih dapat melihat Kabah dengan lebih dekat.

3. Untuk pria, tawaf saja sampai adzan tiba

Jamaah pria lebih beruntung. Mereka mampu salat lebih dekat dengan Kabah. Bahkan dapat salat segera di depan kabah tanpa terhalang orang lain.

Bukan tak mungkin bagi mampu salat di depan Kabah langsung. Salah sesuatu cara yg mampu dikerjakan adalah melakukan tawaf dahulu ketika menjelang adzan.

Selagi tawaf, majulah selangkah-selangkah menuju inti lingkaran. Sekitar 10 menit sebelum adzan, barisan shaf mulai dibuat dan kalau beruntung, Anda mampu berada di lingkaran depan. Otomatis salat di depan Kabah.

4. Ingin lihat lebih jelas, pilih tawaf di lantai 2

Bagi para wanita yg ingin salat di depan Kabah, mampu naik ke lantai dua. Di sana ada lingkaran tawaf yg dapat didatangi. Caranya sama, merupakan tawaf sampai adzan tiba.

Jika telah adzan, otomatis kegiatan tawaf berhenti dan Anda pun dapat salat di sana. Tapi jangan lupa melanjutkan tawaf sampai 7 kali ya setelah selesai salat!

5. Duduk ketika orang yang lain telah membuat shaf

Kalau pun Anda berhasil ada di lingkaran depan Kabah, masih ada kemungkinan tak dapat salat. Karena banyak orang yg merangsek dan ingin salat di sana. Maka dari itu, seandainya shaf telah terbentuk, jangan banyak bergerak.

Duduklah dengan tenang mengikuti garis yg ada. Jika telah begitu, Anda mampu tenang salat sunah sebelum salat wajib setelah dipastikan mendapat tempat di shaf tersebut.

Jika masih bingung dan mencari-cari tempat, bisa-bisa malah tidak mampu salat. Karena banyak juga yg cuma berdiri kebingungan karena tidak milik shaf ketika iqamat tiba.

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/07/081704/3226930/1048/begini-cara-agar-bisa-salat-di-depan-kabah
Terima kasih sudah membaca berita Begini Cara Agar Bisa Salat di Depan Kabah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Begini Cara Agar Bisa Salat Di Depan Kabah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.