Begini Asal Muasal Nama Pulau Lombok

No comment 68 views

Berikut artikel Begini Asal Muasal Nama Pulau Lombok, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pulau Lombok telah terkenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Namun tahukah traveler, bagaimana yang berasal muasal pulau cantik ini disebut Pulau Lombok?

Banyak wisatawan yg tiba ke Lombok terus membayangkan kuliner yg pedas, lantaran arti dari kata Lombok itu sendiri adalah Cabe. Tetapi, kata Lombok yg sebenarnya berarti ‘lurus’ yg telah tertulis sejak dari jaman Kerajaan Majapahit.

Pada buku Negara Kertagama yg berbunyi ‘Lombok Sasak Mirah Adi’. Apa makna dari kata tersebut? Kalau kalian kaji kalimat tersebut secara terpisah, Lombok artinya Lurus, Sasak artinya orang asli Lombok sendiri, Mirah artinya Permata, dan Adi artinya Kejayaan.

Nah, telah jelas sekarang makna kalimat yg tertulis dalam Buku Negara Kertagama tersebut. Kalimat tersebut memiliki makna Orang Lombok mempunyai hati yg lurus buat dijadikan permata kejayaan.

Lombok memang telah mengalami peradaban yg panjang. Bukan cuma peradaban dari Kerajaan Majapahit, tetapi telah dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya dengan ditemukannya bukti arkeologis merupakan empat Arca Buddha, dimana 2 disimpan di Museum Pusat Jakarta, dan 2 lagi disimpan di Museum NTB dan masih banyak lagi penemuan-penemuan para arkeolog yg membuktikan bahwa Lombok telah eksis sejak dahulu kala.

Terus apa dong bukti Kerajaan Majapahit yg yang lain selain tulisan di Buku Negara Kertagama? Banyak kok buktinya, antara yang lain nama-nama daerah di Lombok banyak yg sama dengan nama kota di Jawa.

Contohnya Kota Kediri, di Lombok pun ada Desa Kediri, Kota Gresik juga, di Lombok pun ada Desa Gresik, di Lombok pun ada Desa Surabaya, dan masih banyak daerah lainnya.

Terus dari tulisan Aksara Kejawen, di Lombok pun sama bentuk tulisannya. Kalau di Pulau Jawa dibacanya Ho No Co Ro Ko, tetapi di Lombok dibacanya Ha Na Ca Ra Ka. Itulah bukti bahwa Lombok telah kadang dikunjungi orang luar.

Ayo, makanya ke Lombok biar tak penasaran!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/28/111400/3246345/1025/begini-asal-muasal-nama-pulau-lombok
Terima kasih sudah membaca berita Begini Asal Muasal Nama Pulau Lombok. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Begini Asal Muasal Nama Pulau Lombok"