Batu Pensil, Ikon Unik Teluk Kabui Di Raja Ampat

No comment 147 views

Berikut artikel Batu Pensil, Ikon Unik Teluk Kabui di Raja Ampat, Semoga bermanfaat

Raja Ampat – Menjelajahi kawasan Teluk Kabui di Raja Ampat, traveler dapat berjumpa dengan Batu Pensil yg unik. Inilah ikonnya Teluk Kabui yg paling terkenal.

Batu Pensil, begitulah nama destinasi sesuatu ini. Bentuknya berupa batu raksasa yg berdiri tegak di tengah lautan Teluk Kabui, Raja Ampat. Sekilas, bentuknya memang tidak mirip dengan pensil, namun para wisatawan telah terlanjur mengenalnya sebagai Batu Pensil.

detikTravel berkunjung ke Batu Pensil minggu lalu, di sela-sela meliput kegiatan Festival Pesona Raja Ampat 2016. Dari Pelabuhan Pariwisata Waisai, butuh waktu kurang lebih 1 jam naik speedboat bagi menuju ke kawasan Teluk Kabui dan Batu Pensil.

Perjalanan dimulai sekitar pukul 14.00 WIT, cuaca ketika itu telah akan memperlihatkan tanda-tanda mulai turun hujan. Nahkoda speedboat kita bernama David, meyakinkan agar perjalanan tetap dilanjutkan karena cuaca seperti ini telah biasa buat dirinya.

Menjelajahi kawasan Teluk Kabui ketika hujan (Wahyu/detikTravel)Foto: Wahyu Setyo Widodo
Menjelajahi kawasan Teluk Kabui ketika hujan (Wahyu/detikTravel)

Teluk Kabui terdiri dari gugusan pulau-pulau karang yg tersusun bak labirin. Memang nama Teluk Kabui belum sepopuler Painemu atau Wayag, namun justru itulah yg menjadi daya tarik tempat ini, terutama Batu Pensil.

Setelah menembus hujan lebat, akhirnya kapal kita berhasil sampai juga di Batu Pensil. Batu Pensil ini berdiri tegak dengan ketinggian kurang lebih 15 meter. Kapal wisatawan dapat bersandar, karena di sekitar Batu Pensil telah dibangun dermaga kayu. Wisatawan juga mampu turun ke dermaga ini.

Batu Pensil bak tiang raksasa yg berdiri di tengah lautan Teluk Kabui, Raja Ampat. Tak ada yg tahu kapan Batu Pensil ini berdiri. Mungkin usianya telah ratusan, bahkan ribuan tahun.

Dahulu, orang yg pertama kali menemukan batu ini menganggap batu tersebut bentuknya mirip dengan pensil. Namun setelah diamat-amati, bentuknya tak mirip-mirip amat dengan pensil.

Inilah dia yg dinamakan Batu Pensil (Wahyu/detikTravel)Foto: Inilah dia yg dinamakan Batu Pensil (Wahyu/detikTravel)

Sebenarnya Batu Pensil ini layaknya gugusan pulau karang yg lazim ditemukan di Raja Ampat. Kalau biasanya bentuknya cuma bulat, oval, atau kerucut mirip gunung, Batu Pensil berdiri sendirian di tengah seperti tiang lautan. Itu saja yg menjadikannya spesial.

Meski keadaan ketika itu sedang hujan deras, namun tetap saja kesempatan langka menyaksikan Batu Pensil dari jarak yg amat dekat pantang buat dilewatkan. Saya pun rela berbasah-basahan terkena air hujan, karena penasaran dengan wujud Batu Pensil yg tersohor itu.

Batu Pensil dan dua gugusan pulau karang di Teluk Kabui pun direncanakan masuk ke dalam Situs Geopark Dunia. Sayang bila keajaiban alam seperti ini tak mendapat pengakuan dunia, dan tak mendapat perlindungan yg semestinya.

Batu karang ini mampu jadi mulai termakan usia dan juga tergerus cuaca. Sudah selayaknya mendapatkan perlindungan dari pihak terkait. Demikian pula, dengan gugusan pulau-pulau karang lainnya.

Traveler dapat melihat Batu Pensil ini bila berkesempatan menjelajahi kawasan Teluk Kabui, Raja Ampat. Jangan lupa buat meminta diantar pemandu, karena Anda dapat saja tersesat di Teluk Kabui yg bentuknya seperti labirin ini!

Batu Pensil di tengah guyuran hujan deras (Wahyu/detikTravel)Foto: Batu Pensil di tengah guyuran hujan deras (Wahyu/detikTravel)

(wsw/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/01/082700/3334041/1519/batu-pensil-ikon-unik-teluk-kabui-di-raja-ampat
Terima kasih sudah membaca berita Batu Pensil, Ikon Unik Teluk Kabui di Raja Ampat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Batu Pensil, Ikon Unik Teluk Kabui Di Raja Ampat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.