Batu-batu Megalitikum Di Poso

No comment 286 views

Berikut artikel Batu-batu Megalitikum di Poso, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Wisata sejarah di Poso, mencoba mampir ke Lembah Besoa. Banyak batu dan patung Zaman Megalitikum yg misterius di sana.

Situs Megalitikum di Lembah Besoa di Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah bisa diakses oleh traveler dari Palu melalui jalan Trans Palu-Napu kurang lebih 6-7 jam memakai kendaraan bermotor.

Perjalanan ke Lembah Besoa mulai melewati Danau Tambing, yg berada di ketinggian 1.700 mdpl yg masuk kawasan TN Lore Lindu. Jarak dari Palu ke Danau Tambing sekitar 2-3 jam, dan dari Danau Tambing ke Lembah Besoa sekitar 3-4 jam.

Perlu hati-hati ketika melakukan perjalanan dari Danau Tambing ke Lembah Besoa. Jalan yg dilewati sangat curam dan dua ada yg terkena longsor, lebih disarankan seandainya traveler memakai mobil dengan penggerak 4WD.

Hal yang lain yg perlu diwaspadai adalah jalan yg dilewati mulai melintasi hutan yg ketika ini menjadi daerah Operasi Tinombala. Pemeriksaan keamanan yg cukup ketat mulai dikerjakan kepada siapapun yg melintas. Namun buat traveler yg mempunyai identitas dan tujuan yg jelas tak ada yg perlu dikhawatirkan.

Traveler yg mengunjungi lembah Besoa disarankan bagi menginap. Di daerah Kecamatan Lore Tengah telah terdapat dua penginapan sederhana dan rumah penduduk yg dapat dijadikan tempat tinggal sementara.

Melakukan perjalanan wisata di daerah ini, selain mulai menikmati keindahan situs megalitikum, traveler juga mulai menikmati indahnya bentang alam yg terhampar luas. Beberapa ikon budaya seperti rumah adat tambi mampu dijadikan tujuan wisata.

Di Lembah Besoa tersebar dua temun situs megalitikum. Namun yg terbesar ada di beberapa tempat merupakan Situs Megalitikum Pokekea dan Tadulako. Jarak kedua situs tersebut tak jauh dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sambil menikmati bentang alam Lembah Besoa yg sangat indah.

Situs megalitikum di sekitar Lembah Besoa ini diperkirakan adalah peninggalan masa prasejarah. Dilihat dari bentuk situsnya yg sederhana dan berukuran besar, maka terpancar kekuatan dan pembuat dan bahan baku yg digunakan.

Situs di Pokekea terdiri dari patung serupa manusia dan dua seperti tempayan besar. Situs Tadulako terdiri dari sebuah patung besar dan dua tempayan. Tempayan-tempayan di kedua tempat ini diperkirakan sebagai tempat mandi putra putri raja. Jika asumsi tersebut benar maka mampu dibayangkan bahwa manusia yg hidup pada jaman tersebut berukuran besar-besar.

Lembah Besoa masih menyimpan misteri. Informasi dari penduduk yg menjadi pemandu masih ada dua temuan yg mirip di sekitar hutan di Lembah Besoa. Perlu dikerjakan kegiatan yg lebih serius bagi mempelajari dan melestarikan situs-situs yg bernilai sejarah ini.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/14/104500/3370585/1025/batu-batu-megalitikum-di-poso
Terima kasih sudah membaca berita Batu-batu Megalitikum di Poso. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Batu-batu Megalitikum Di Poso"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.