Ayo Tebak, Siapa Wisman Paling Royal Di Indonesia?

No comment 73 views

Berikut artikel Ayo Tebak, Siapa Wisman Paling Royal di Indonesia?, Semoga bermanfaat

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara adalah salah sesuatu sumber devisa negara. Pembelanjaan mereka di Indonesia memberi sumbangsih pada pendapatan negara yg memiliki imbas segera terhadap hajat hidup rakyat Indonesia. Tak heran berbagai upaya pemasaran dikerjakan bagi mendorong wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

“Ketika bicara tentang wisata secara keseluruhan 60 persen wisatawan asing tiba ke Indonesia motivasinya buat kebudayaaan, dulu 30 persen termotivasi oleh alam, dan lima persen termotivasi oleh buatan seperti golfing, cycling. Tapi perlu diingat tidak ada wisatawan yg tiba ke suatu tujuan dengan sesuatu motivasi. Perlu diingat juga kalau tiba ke Indonesia mereka pasti belanja,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana.

Selanjutnya Pitana di sela acara jumpa pers logo Wonderful Indonesia hadir di Galeries Lafayette, Mal Pacific Place, Jakarta, Rabu (20/7/2016), menjelaskan seandainya diukur dari jumlah belanja terbesar, ada beberapa wisman yg paling royal. Mereka adalah wisatawan dari Uni Emirat Arab dan China.

“Wisatawan Timur Tengah, khususnya Uni Emirat Arab paling tinggi jumlah belanjanya, tapi jumlah mereka sangat sedikit. Kedua ada China yg dipersepsikan rendah tetapi ternyata sebagian dari mereka adalah kelas high end (kelas menengah atas),” kata Pitana.

Pitana membeberkan fakta unik tentang wisatawan yang berasal China yg ternyata irit dalam soal akomodasi dan transportasi tetapi sangat royal bagi belanja suvenir.

“Berdasarkan data dari 1,3 juta yg tiba tahun 2015 sekitar 20 sampai 30 persennya adalah high end. Terutama untuk mereka wisatawan yg repeater (bukan pertama kali ke Indonesia). Jangan kira wisatawan China yg massal itu seluruh kelas rendahan,” kata Pitana.

Pitana memaparkan, wisatawan China gemar mulai suvenir bermerek mahal karena dianggap prestise atau memberi kebanggaan. “Di Indonesia barang bermerek yg sama dapat dijual lebih murah dari negara mereka (China),” tambah Pitana. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/21/151400727/Ayo.Tebak.Siapa.Wisman.Paling.Royal.di.Indonesia.
Terima kasih sudah membaca berita Ayo Tebak, Siapa Wisman Paling Royal di Indonesia?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ayo Tebak, Siapa Wisman Paling Royal Di Indonesia?"