Ayo Merapat Ke Lombok, Hari Ini Ada Pesta Makan Lebaran Topat

No comment 116 views

Berikut artikel Ayo Merapat ke Lombok, Hari Ini Ada Pesta Makan Lebaran Topat, Semoga bermanfaat

Mataram – Seminggu setelah Idul Fitri, masyarakat Lombok di NTB milik tradisi Lebaran Topat. Ini adalah festival makan ketupat bersama di tepi pantai.

Selain itu juga di Lebaran Topat ini biasanya masyarakat Lombok melakukan takbir di masjid-masjid di sekitar rumah serta berziarah ke makam-makam sesepuh bersama keluarga. Menurut Kasi Produk Pariwisata Disbudpar NTB Siti Alfiah, Lebaran Topat ini cuma terjadi di Lombok.

“Lebaran Topat itu biasanya ajang masyarakat berkumpul bersama keluarga. Mereka kemudian pergi ke tempat-tempat wisata. Makan ketupat di pantai-pantai selalu ke masjid juga,” kata Siti Alfiah di Kantor Disbudpar NTB, Jalan Langko No 70, Mataram, Rabu (13/7/2016).

Menurut Siti, lebaran ini dikerjakan seminggu setelah Idul Fitri dan setelah puasa Syawal selama seminggu. Tradisi ini cuma ada di Lombok khususnya Lombok Barat dan Lombok Tengah, kalau Lombok Timur sedikit yg merayakan. Siti Alfiah menambahkan Lebaran Topat ini biasanya berlangsung dari pukul 10.00 WITA sampai 23.30 WITA.

“Biasanya arah menuju tempat-tempat wisata itu macet khususnya yg ke arah pantai,” ucap Siti Alfiah.

Bagi Anda yg sedang berlibur di Lombok, siap-siap tiba lebih ke tempat wisata seperti pantai. Karena jalanan telah pasti dipenuhi oleh motor dan mobil yg hedak merayakan Lebaran Topat.

“Kalau mau jalan, harus sebelum pukul 10.00 WITA. Karena orang berangkat bagi merayakan Lebaran Topat itu pukul 10.00 WITA itu. Daripada terjebak macet kan,” tuturnya.

(rdy/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/07/13/084850/3252077/1382/ayo-merapat-ke-lombok-hari-ini-ada-pesta-makan-lebaran-topat
Terima kasih sudah membaca berita Ayo Merapat ke Lombok, Hari Ini Ada Pesta Makan Lebaran Topat. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ayo Merapat Ke Lombok, Hari Ini Ada Pesta Makan Lebaran Topat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.