Ayo, Jelajahi Surga Di Sombori!

No comment 97 views

Berikut artikel Ayo, Jelajahi Surga di Sombori!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Kecantikan alam Indonesia memang tiada duanya. Salah sesuatu surganya adalah Sombori.

Pagi hari kita terbangun, udara tak terasa dingin walaupun di tengah laut, kalian menikmati minuman panas sambil duduk mengobrol di depan balai desa dengan memandang laut biru dan jernih dengan ikan-ikan beraneka ragam, sesekali ikan berkumpul mengejar roti/biscuit yg kita lemparkan.

Suasana sangat menyenangkan dan damai, serasa kalian hidup di sebuah rumah besar dengan kolam renang pribadi yg sangat luas. Laut yg sangat dekat, membuat banyak dari kalian tak tahan buat langsung terjun.

Satu persatu kalian pun mengambil perlengkapan snorkeling dan pelampung dan langsung terjun dan menyelam. Suasana bertambah ramai dengan kehadiran anak-anak yg tiba bergabung. Kami sangat menikmati main air (snorkeling) sampai tak terasa matahari telah tinggi dan perut akan keroncongan, sesuatu persatu kita keluar dan bergegas mengambil sarapan yg sudah di sediakan.

Setelah sarapan, kita bergegas ke destinasi berikutnya merupakan gua Allo. Dari tempat kita menginap perlu sekitar 20 menit buat sampai tempat yg dituju. Gua nya bagus, dengan beberapa sisi yg berbeda, sisi depan terang, bagus bagi berfoto dan sisi belakang (dalam goa) yg gelap gulita.

Ketika kalian masuk kedalam gua, terdengar kepakan kelelawar yg terbang keluar dari gua, di atas gua ada pintu keluar kelelawar sekaligus tempat cahaya masuk, suasana di dalam sedikit menyeramkan, tetapi tak menghalangi kita yg penasaran bagi masuk dan berenang di air dalam gua. Airnya sedikit payau, walaupun gelap kita tetap menikmati main air dan berfoto dengan berbagai gaya dan formasi.

Setelah puas di goa Allo, kalian menuju spot berikutnya, merupakan blue hole. Tempatnya terletak di tengah-tengah bukit, dengan air yg kelihatan berwarna hijau tosca saat terkena matahari. Di tengah-tengahnya ada bukit batu kecil, disinilah tempat berdiri fotografer bagi mengambil foto-foto kita yg sedang snorkeling.

Diperjalanan Pulang dari spot blue hole, kalian melewati 2 rumah penduduk, kelihatan seorang nenek tua sedang duduk dan seorang remaja memperhatikan kami. Melihat rumah dan nenek tua, kamipun mampir sekedar menyapa dan minta izin bagi berfoto.

Ternyata nenek dan cucu nya mempunyai keluhan persoalan kesehatan, kebetulan di antara rombongan kita ada dokter dan langsung diperiksa dan diberikan obat yg tersedia. Di rumah nenek, kalian sempat membuat video yg sekarang sedang ngetren, merupakan Manequen challenge, hasilnya menarik, menggambarkan aktivitas keseharian, seperti mengurusi jala ikan, menjemur pakaian, mencuci baju, membersihkan ikan, dll.

Setelah puas berfoto, kamipun pamit, banyak dari kalian yg memberikan makanan ringan dan sedikit uang sebagai sedekah. Dalam hati aku tak mampu membayangkan bagaimana rasanya hidup sendiri dan terpencil seperti nenek tua itu.

Spot tujuan berikutnya adalah goa Berlian, goa alam ini juga menarik, di dalamnya kelihatan cukup luas. Bedanya dengan gua Allo, gua Berlian ini sepenuhnya kering, dengan langit yg runcing dan tinggi, dan didalamnya batu-batu alam tersusun seperti patung-patung.

Kami tak lama di sini karena hari telah siang, kalian bergegas kembali ke penginapan di balai desa bagi makan siang sebelum kembali pulang ke Kendari. Sombori ternyata lebih keren dan luas dari yg aku bayangkan dengan banyak spot yg beragam buat snorkeling dan berfoto. Rasanya tak sabar menunggu trip kedua buat kembali ke Sombori.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/12/29/105400/3371487/1025/ayo-jelajahi-surga-di-sombori
Terima kasih sudah membaca berita Ayo, Jelajahi Surga di Sombori!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ayo, Jelajahi Surga Di Sombori!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.