Awali Pagi Dengan Ngopi Di Kedai Kopi Paling Legendaris Pekanbaru

Berikut artikel Awali Pagi dengan Ngopi di Kedai Kopi Paling Legendaris Pekanbaru, Semoga bermanfaat

Pekanbaru – Liburan ke Pekanbaru kamu mesti mampir ke kedai kopi sesuatu ini. Kedai kopi Kim Teng, yg paling legendaris dan ramai di Kota Pekanbaru.

Bagi warga lokal Pekanbaru, nama Kedai Kopi Kim Teng pasti telah tak asing lagi. Inilah kedai kopi yg paling legendaris di kota itu. Hampir setiap pagi, kedai ini terus penuh dipadati oleh para pengunjung.

Kedai Kim Teng ini terletak di Jl Senapelan No 22 ABC, Kota Pekanbaru. Selain itu, masih ada dua cabang kedai lainnya antara yang lain di Lantai Dasar Perpustakaan Soeman HS, dan juga di Mall Ciputra Pekanbaru. Tapi kedai yg di Jalan Senapelan inilah yg paling ramai, karena yaitu kedai pusatnya.

detikTravel berkunjung ke kedai Kim Teng akhir minggu dahulu dalam rangka acara Famtrip Pesonna Hotel Pekanbaru. Rombongan kalian sampai di Kim Teng sekitar pukul 08.30 pagi. Meski masih terhitung pagi, namun suasana kedai telah sangat ramai diserbu pengunjung. Kedai ini pun tampak penuh seandainya dilihat dari luar.

Suasana penuh pengunjung di kedai kopi Kim Teng (Wahyu/detikTravel)Suasana penuh pengunjung di kedai kopi Kim Teng (Wahyu/detikTravel)

“Dulu kedainya belum seluas sekarang. Dulu kecil banget, tetapi ya tetap penuh juga. Orang sampai harus antre untuk minum kopi. Ini memang kedai kopi paling legendaris di Pekanbaru,” ujar Karel Johan, PR Pesonna Hotel Pekanbaru yg menemani kami.

Kim Teng yaitu usaha keluarga yg ketika ini telah dipegang oleh generasi ketiga. Nama Kim Teng diambil dari nama kedai pemilik kopi, merupakan Tang Kim Teng. Kim Teng sendiri telah akan berjualan kopi dari tahun 1950-an.

Sempat berpindah-pindah lokasi, sejak tahun 2000-an Kedai Kim Teng akhirnya menetap di Jl Senapelan. Sekarang usaha ini diteruskan oleh Kaliono (72), anak Kim Teng dan juga cucunya.

“Sekarang telah generasi ketiga. Berjualan dari sejak tahun 1950-an,” ujar Kaliono pendek.

Kaliono sedang meracik Kopi Kim Teng (Wahyu/detikTravel)Kaliono sedang meracik Kopi Kim Teng (Wahyu/detikTravel)

Kedai Kim Teng tidak cuma menjual kopi saja, melainkan ada banyak makanan lainnya, dari akan yg ringan jenis dim sum dan bubur yam sampai yg berat jenis bakmi, lontong sayur.

Itu karena Kim Teng bermitra dengan pedagang-pedagang pihak ketiga, yg turut berjualan di kedainya. Kim Teng menawarkan model bisnis buat hasil 10% dengan para mitra. Jadinya kedai Kim Teng ini seperti foodcourt, semuanya ada.

Selain itu, Kim Teng juga memasang tarif buat siapa saja pihak ketiga yg mau membayar bagi memasang iklan di kedainya. Jadi jangan kaget bila masuk ke Kedai Kim Teng kemudian menjumpai banyak papan iklan reklame menghiasi isi kedai. Memang agak mengganggu pemandangan sih, tetapi tak jadi masalah. Toh pengunjungnya tetap banyak juga.

Karena pagi itu aku sempat sedikit sarapan di hotel, sayapun tak memesan makanan berat. Hanya secangkir kopi susu, roti sari kaya, serta dim sum siomay ayam.

Tak sampai 15 menit, pesanan aku pun datang. Maklum saja, padatnya kedai pagi itu membuat pengunjung harus bersabar menanti pesanan. Tak butuh waktu lama, aku segera menyicipi racikan kopi susu Kim Teng.

Begitu diseruput, perpaduan rasa kopi dengan susu ini sungguh pas. Menyatu, dan tak saling mengalahkan, tak terlalu manis juga. Kopinya sendiri tak terlalu kuat. Benar-benar pas!

Sebagai teman makan kopi, roti sari kaya Kim Teng ini juga tidak kalah lezatnya. Selai sari kaya yg buatan sendiri ini lumer begitu digigit dan masuk ke mulut. Menyisakan rasa manis yg tipis, dipadukan dengan kopi susu tadi rasanya sungguh sedap. Ah, sarapan pagi yg sempurna!

Kaliono mengaku tak ada rahasia khusus dalam membuat racikan kopinya. Hanya kopi dan gula, serta susu. “Kopinya dari Pegunungan Kerinci Jambi, jenisnya arabica,” jawab Kaliono.

Traveler yg penasaran ingin menyicipi kopi legendaris ini mampu segera mampir ke Senapelan, Pekanbaru. Jangan terlalu siang ya! Karena biasanya jam 12.00 saja, kedai ini telah habis diserbu pengunjung. Dari akan rakyat jelata, sampai para pejabat pun tidak jarang ngopi di sini.

Aneka pesanan kopi para pengunjung (Wahyu/detikTravel)Aneka pesanan kopi para pengunjung (Wahyu/detikTravel)

(aff/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/01/25/082916/3404692/1519/awali-pagi-dengan-ngopi-di-kedai-kopi-paling-legendaris-pekanbaru
Terima kasih sudah membaca berita Awali Pagi dengan Ngopi di Kedai Kopi Paling Legendaris Pekanbaru. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Awali Pagi Dengan Ngopi Di Kedai Kopi Paling Legendaris Pekanbaru"