Atraksi Kuda Yang Seru Di Lombok Dan Sumba

No comment 184 views

Berikut artikel Atraksi Kuda yang Seru di Lombok dan Sumba, Semoga bermanfaat

Lombok – Pacuan kuda yg seru di tengah alam liar? Indonesia pun milik atraksinya. Tak percaya, tiba saja ke Lombok atau Sumba.

Ada beberapa tempat seru buat melihat pacuan kuda tradisional Indonesia merupakan di Lombok atau Sumba. Di lombok, balap kudanya begitu sederhana.

Kuda kebanyakan berasal di Sumbawa atau dari Lombok itu sendiri. Tidak seperti kuda di Sumba, yg ini lebih kecil namun lincah.

Karena kecilnya, maka penunggangnya juga harus ringan. Maka dari itulah, joki cilik bertebaran buat menunggangi kuda yg saling adu kecepatan ini.

Balap kuda di Lombok (Shafa/detikTravel)

Balap kuda ini tidak jarang diadakan di Lombok. Namun seandainya ingin menunggu yg pagelaran besar, mampu menunggu ketika Festival Bau Nyale. Balap kuda pun jadi salah sesuatu rangkaian acaranya. Sedangkan festival ini biasanya diadakan di bulan Februari.

Selain pacuan kuda, ada pula atraksi yg melibatkan kuda di Sumba. Dalam Festival Pasola, kuda ditunggangi sebagai sarana bagi perang-perangan.

Meski para pemainnya membawa tombak, tentu ini bukan perang sungguhan. Tombak yg digunakan pun tak tajam.

Ini festival yg menguji keberanian Pria Sumba (Ihsan Asri/d’Traveler)

Para penunggang kuda ini mulai saling berperang dengan tombak sampai terjatuh. Kuda-kuda dalam festival ini mulai dipacu kencang oleh beberapa kelompok yg berlawanan. Masing-masing kelompok terdiri dari 50-100 orang dan mereka mulai saling serang.

Kuda yg digunakan dalam festival ini bukanlah kuda sembarangan, melainkan kuda dari macam Sandelwood. Kuda ini khas dari Pulau Sumba. Kuda ini memiliki perawakan yg kokoh, gesit dan lincah.

Festival Pasola tak cuma sekadar ‘perang’ kuda, tetapi ada dua rangkaian acara yg harus dikerjakan sebelum acara puncak. Acara dimulai dengan Pasola Homba Kalayo, Pasola Bondo Kawango, Pasola Rara Winyo, dan terakhir adalah Pasola Waingapu.

Tertarik menontonnya?

(shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/01/112416/3288535/1519/atraksi-kuda-yang-seru-di-lombok-dan-sumba
Terima kasih sudah membaca berita Atraksi Kuda yang Seru di Lombok dan Sumba. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Atraksi Kuda Yang Seru Di Lombok Dan Sumba"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.