Aneka Rendang “Vegetarian”, Dari Daun Kayu Sampai Ketan Hitam

Berikut artikel Aneka Rendang “Vegetarian”, dari Daun Kayu sampai Ketan Hitam, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Siapa yg tidak suka rendang? Makanan yg berasal dari Sumatera Barat ini yaitu salah sesuatu masakan paling terkenal khas Nusantara. Rendang pun masuk dalam daftar 50 masakan terenak versi CNN.

Namun, rendang bukanlah hasil masakan atau hidangan. Hal itu dikemukakan penulis buku “Rendang Traveler”, Reno Andam Suri.

“Perlu pemahaman dulu, sebetulnya rendang adalah proses memasak,” tutur Uni Reno kepada KompasTravel, Senin (25/07/2016).

Reno menuturkan, proses memasak rendang dimulai dari gulai. Proses berikutnya merupakan kalio, kemudian barulah menjadi bumbu rendang. Maka dari itu segala bahan mampu dibuat rendang, tak cuma daging sapi.

“Sama seperti tumis, berbagai jenis sayur mampu kami tumis,” tambah Uni Reno.

Selain daging dan bahan hewani lainnya, ada dua macam rendang “vegetarian” yg terbuat dari bahan nabati. Dihimpun KompasTravel, berikut daftarnya.

Rendang Daun Kayu

Rendang daun kayu biasa disebut juga samba buruk karena tampilannya yg tak sedap di mata. Namun jangan salah, rendang yg berasal dari Payakumbuh ini sangat digemari karena rasanya yg gurih dan bertekstur kering. Tidak cuma daun kayu, rendang juga mampu dibuat dari macam daun lainnya seperti jirak, mali, rambai, atau daun arbai.

Pertama, ikan haruan dimasukan ke dalam santan kental hingga larut. Kemudian masukkan daun-daun tersebut dan aduk hingga warnanya kecoklatan. Ingin rasa yg lebih gurih dan daun yg lebih garing? Tambahkan parutan kelapa kedalam bumbu. Dijamin, daunnya tak mulai lembek melainkan garing!

“Aku udah pernah nyobain dan enak banget,” ujar Reno yg juga pemiliki usaha rendang Uni Farah di Jakarta.

Rendang Cubadak

Bukan cuma gulai nangka yg menjadi ciri khas makanan Padang. Anda juga dapat memasak rendang dengan bahan nangka, merupakan rendang cubadak. Untuk Anda yg vegetarian, rendang khas daerah Maninjau ini dapat pilihan.

Rendang cubadak seringkali dibuat pada ketika baralek atau pesta pernikahan. Saat memilih nangka muda, kulitnya harus yg belum memiliki duri yg besar-besar dan pemotongannya cukup sebesar ibu jari agar tak hancur ketika direndang.

Jadi ketika harga daging sedang naik-naiknya, Anda mampu menjadikan rendang cubadak ini sebagai alternatif. Selain rasanya yg seperti daging, nangka muda juga memiliki tekstur serat seperti daging pada umumnya.

Rendang Jariang

Jariang adalah nama yang lain dari jengkol. Untuk mengurangi bau, jengkol biasanya direndam semalaman dahulu direbus memakai memakai abu gosok. Setelah itu, buang kulit jengkol tersebut.

Jengkol atau jariang yg dipilih biasanya yg tua karena lebih empuk dan gampang diolah. Bumbu yg digunakan sama seperti bumbu rendang pada umumnya. Masukkan jengkol setelah seluruh bumbu telah tercampur dan sudah menjadi bumbu rendang agar jengkolnya tak hancur. Rendang yg sesuatu ini yaitu khas dari daerah Payakumbuh, Pasaman dan Lubuk Basung.

Rendang Sapuluik Itam

Jenis rendang ini mampu ditemukan di daerah Simalanggang. Bahan penting rendang ini adalah ketan hitam, namun bukan yg berbentuk bulir seperti beras. Ketan hitam yg digunakan telah ditumbuk halus dan berbentuk seperti tepung.

Selanjutnya, tepung ketan hitam ini dimasukan kedalam kuah rendang yg telah mengental. Warga lokal biasanya memasukkan irisan kelapa buat tidak mengurangi rasa gurih.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/26/061000727/Aneka.Rendang.Vegetarian.dari.Daun.Kayu.sampai.Ketan.Hitam
Terima kasih sudah membaca berita Aneka Rendang “Vegetarian”, dari Daun Kayu sampai Ketan Hitam. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Aneka Rendang “Vegetarian”, Dari Daun Kayu Sampai Ketan Hitam"