Aneka Fakta Menarik Soal Stupa Emas Di Laos

No comment 169 views

Berikut artikel Aneka Fakta Menarik Soal Stupa Emas di Laos, Semoga bermanfaat

Vientiane – Stupa emas Pha That Luang, Vientiane memang menjadi magnet penting untuk pariwisata di Laos. Lebih dari itu, sejumlah hal di sekelilingnya pun menarik perhatian.

Salah satunya adalah keberadaan penjual Burung Pipit. Biasanya, burung ini cuma ditangkap bagi dijual kepada anak kecil, selebihnya para petanilah yg merasakan keberadaannya sebagai hama yg kadang memakan padi ketika mulai panen.

Namun berbeda bila di komplek stupa emas, burung ini diperjualbelikan buat tujuan lainnya. Seperti kata pemandu tur detikTravel, Minggu (5/2/2017), seandainya melepas burung ini mulai mendapat keberuntungan.

“Mereka yakin seandainya melepaskan burung, ular, ataupun kura-kura mampu membuang nasib buruk. Burung dalam sesuatu kurungan itu biasanya dijual 40 ribu Kip,” ujar Tony.

Wisatawan yg mengunjungi stupa emas (Masaul/detikTravel)Wisatawan yg mengunjungi stupa emas (Masaul/detikTravel)

Memang benar adanya, para pengunjung stupa yg menghampiri para penjual burung ini segera membeli dagangan. Setelah itu, para pembeli membuka kurungan dan melepas burungnya.

Menilik lebih luas, komplek stupa emas terbagi atas tiga komplek yg masing-masingnya seluas lapangan bola bahkan lebih. Stupa emas sendiri berada di bagian tengah.

Di komplek yg pertama terdapat gedung meeting atau serbaguna. Di belakangnya, terdapat patung Buddha tidur yg memiliki ukuran jumbo. Patung ini diwarnai dengan cat emas dan dikelilingi dengan kuburan para petinggi negara Laos.

Pohon bodhi dan patung Buddha (Masaul/detikTravel)Pohon bodhi dan patung Buddha (Masaul/detikTravel)

Beranjak dari komplek tersebut, terdapat Pohon Bodhi di komplek ketiga. Terdapat pula bangunan para biksu sebagai tempat tinggal sehari-harinya.

Menyoal pohon Bodhi, masyarakat Laos yakin bahwa pohon rindang itulah tempat Sidharta Gautama bermeditasi hingga mencapai pencerahan. Maka dari itu, masyarakat dan juga biksu menghiasinya dengan patung-patung Buddha. Tak lupa terdapat dupa dan pernak-pernik lainnya di pohon tersebut. (msl/aff)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/21/075142/3427628/1520/aneka-fakta-menarik-soal-stupa-emas-di-laos
Terima kasih sudah membaca berita Aneka Fakta Menarik Soal Stupa Emas di Laos. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Aneka Fakta Menarik Soal Stupa Emas Di Laos"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.