Aneka Air Terjun Indah Di Baturaden Yang Harus Kamu Tahu

No comment 99 views

Berikut artikel Aneka Air Terjun Indah di Baturaden yang Harus Kamu Tahu, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Jika senang dengan air terjun, maka Baturaden jawaban yg tepat. Karena di sana terdapat banyak curug cantik dan menyegarkan.

Kecamatan Baturaden kerap memiliki pesona alam yang luar biasa. Pesona alam yang luar biasa itu di antaranya adalah obyek wisata curug atau air terjun. Berada di lereng selatan Gunung Slamet, Kecamatan Baturaden memiliki puluhan (bahkan ratusan) curug yg sangat indah baik yg tersembunyi maupun yg telah dibuka warga setempat.

Hal itulah yg membuat aku tertarik bagi “memburu” Curug, baik yg tersembunyi maupun yg telah dibuka warga.

Perburuan kali ini aku memberanikan diri dengan ide One Day Trip, dan alhamdulillah lebih dari 3 curug bisa aku sambangi dalam sesuatu hari. Berikut namanya:

1. Curug Orak Arik

Curug ini adalah curug pertama kali yg aku kunjungi. Letaknya di dalam villa/rumah warga menandakan bahwa curug ini belum dikelola sama sekali. Sehingga cuma sedikit yg mengetahui lokasinya. Saya pun tidak mengeluarkan uang tuk menikmati Curug Orak Arik.

Curug ini sangatlah eksotis. Tingginya curug dan panorama yg indah disertai hawa sejuk di sekitarnya membuat aku terpesona. Namun bila hujan, air bah dapat tiba-tiba tiba tanpa memberi tanda.

Curug ini berada di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, bersebelahan dengan desa wisata Karangsalam.

2. Curug Telu

Belakangan ini curug Telu memang sedang hits, terus ramai. Namun ketika aku berkunjung ke sana, tidak ada satupun pengunjung.  Alhasil, seperti curug pribadi. puas bermain air, berfoto ria ala anak zaman sekarang.

Curug Telu berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden. Curug ini memiliki tiga titik air yg mengalir dari atas. Jika cuaca bagus pada siang hari, kami dapat melihat kejernihan airnya sampai dasar.

3. Curug Sendang Bidadari (CurugLawang)

Jika berkunjung ke Curug Telu, mampirlah ke curug yg sesuatu ini. Curug ini pun sedang booming karena keunikannya, yaitu  memiliki jalan masuk yg menyerupai gua. Curug ini masih sesuatu kawasan di dalam curug Telu.

4. Curug Tebela

Curug ini memiliki keunikan tersendiri, merupakan adanya bongkahan batu kotak berjajar di sisi kiri curug. Sedangkan di sisi kanannya ada air terjun yg segera jatuh ke bawah. Airnya pun tidak kalah jernih dari air Curug Telu. Namun berdasrkan keterangan warga, curug ini cukup dalam. Kedalamannya mampu 5 sampai 7 meter!

Curug ini masih berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Purwokerto. Menurut keterangan warga setempat, curug ini masih baru dibuka dan dikelola sekitar pertengahan tahun 2015. Saat aku sampai di lokasi ini, tidak ada satupun pengunjung. Yang ada cuma warga sekitar yg sedang memperbaiki jalan setapak.

5. Curug Bayan

Curug ini yaitu curug yg paling lengkap, baik dari fasilitas maupun “wahana” lainnya. Sebelum sampai ke curug ini, kalian harus melalui jembatan panorama DAM Jepang di sisi kiri. Dam ini mengalir ke hilir sungai daerah yg terbuka. Di atas Dam inilah curug Bayan berada.

Curug ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Baturaden, Purwokerto. Curug ini cuma memiliki ketinggian 7 meter, namun jatuhan airnya cukup deras. Jadi berenang di curug ini harus lebih hati-hati.

Itulah hasil “berburu” curug aku selama sesuatu hari di Purwokerto. Berwisata memang tidak harus mahal dan aneka curug di atas dapat menjadi pilihan alternatif Anda di penghujung musim hujan.

Dan bagaimanapun juga, saat kalian berwisata, tetap waspada dan hati-hati. Mengingat cuaca di lereng Gunung Slamet tak mampu diprediksi. Tertarik menjelajah curug?

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/06/16/145900/3227996/1025/aneka-air-terjun-indah-di-baturaden-yang-harus-kamu-tahu
Terima kasih sudah membaca berita Aneka Air Terjun Indah di Baturaden yang Harus Kamu Tahu. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Aneka Air Terjun Indah Di Baturaden Yang Harus Kamu Tahu"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.