Aneh Tapi Nyata, Ada Gunung Es Di Timur Tengah

No comment 125 views

Berikut artikel Aneh Tapi Nyata, Ada Gunung Es di Timur Tengah, Semoga bermanfaat

Isfahan – Ini nyata bukan cerita dibuat-buat. Negara Iran di kawasan Timur Tengah ternyata milik gletser dan gua es di atas gunung!

Seperti dilihat detikTravel dari situs BBC Travel, Rabu (10/8/2016) gunung yg memiliki gletser dan gua es itu bernama Gunung Zard Kuh. Lokasinya berada di Provinsi Bakhtiari, tepatnya di rangkaian Pegunungan Zagros yg memiliki panjang 1.500 km. Pegunungan ini membelah Iran, Irak dan sebagian wilayah Turki di bagian tenggara.

Gunung Zard Kuh, seandainya dilihat dari peta maka posisinya berada di bagian selatan dari Teheran. Untuk menuju ke sana, disarankan naik pesawat seperti Qeshm Air, Iran Air atau Taban Airlines menuju Kota Isfahan selama 45 menit. Belum selesai, masih harus dilanjutkan naik mobil selama 9 jam.


Di kiri adalah Gunung Zard Kuh dengan puncaknya tertutup es (Ian Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Gunung Zard Kuh memiliki ketinggian 4.200 mdpl. Di sekitar gunung ini, lanskap alamnya berupa padang rumput yg cukup subur. Kaki gunungnya juga milik hawa sejuk, yg mana jadi tempat favorit orang Kurdi bagi pindah ke sana di musim panas.

Asyiknya, orang-orang Kurdi tersebut cukup ramah kepada turis. Mereka dengan senang hati mulai menyambut kedatangan turis, malah menyuguhkan daging kambing yg dibakar dengan tusukan besi seperti sate. Rasanya enak dan khas!


Tempat tinggal orang Kurdi (Ian Lloyd Neubauer/BBC Travel)


Daging kambing yg harum dan rasanya enak (Ian Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Puas bercengkrama dengan orang-orang Kurdi, saatnya mendaki Gunung Zard Kuh. Di bagian puncak gunungnya itulah, ada keajaiban alam berupa gletser dan gua es di negara Timur Tengah!

Glester adalah suatu bongkahan es yg besar yg terbentuk di atas permukaan tanah yg yaitu akumulasi endapan salju yg membatu. Sebenarnya dari kaki gunungnya, kalian telah dapat melihat gletser yg berwarna putih dengan bentuk panjang mengular ke bawah itu.


Gletser di bagian puncak Gunung Zard Kuh (Ian Lloyd Neubauer/BBC Travel)


Gua-gua es di celah-celah gletser (Ian Lloyd Neubauer/BBC Travel)

Para turis pun diizinkan buat berdiri dan menjelajahi gletsernya. Di dekat celah-celah gletser itulah terdapat banyak gua es yg juga mampu dimasuki. Kapan lagi, melihat gletser dan gua es di Timur Tengah?

Bagi Anda yg tertarik ke Gunung Zard Kuh ini di sarankan bagi pergi bersama operator tur. Beberapa operator tur yg menawarkan perjalanan ke sana seperti Zandi Tours, Kassa Tours dan Shirdal Airya Irania.

Rata-rata turnya memakan waktu sampai 5 hari, karena perlunya beradaptasi pada ketinggian. Ketinggiannya yg menembus lebih dari 4.000 mdpl, membuat suhu sangat dingin dan udara yg menipis.

(aff/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/10/084853/3272045/1520/aneh-tapi-nyata-ada-gunung-es-di-timur-tengah
Terima kasih sudah membaca berita Aneh Tapi Nyata, Ada Gunung Es di Timur Tengah. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Aneh Tapi Nyata, Ada Gunung Es Di Timur Tengah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.