Anda Ingin Nonton Pesta Kesenian Bali? Simak 5 Tips Ini

No comment 109 views

Berikut artikel Anda Ingin Nonton Pesta Kesenian Bali? Simak 5 Tips Ini , Semoga bermanfaat

DENPASAR, KOMPAS.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 tahun ini mengangkat tema “Karang Awak” yg artinya mencintai tanah kelahiran. Gaung PKB tak cuma dirasakan secara nasional tetapi juga internasional.

Beberapa wisatawan domestik maupun wisatawan asing tiba ke Bali cuma karena ingin menikmati suguhan acara yg tanpa tiket ini. Ada hal-hal yg perlu diperhatikan buat wisatawan yg mulai ke PKB agar tak kecewa.

1. Meminta Jadwal

Acara PKB ke-38 yg diawali dengan dengan pawai dan dihadiri Presiden Joko Widodo ini berlangsung 11 Juni hingga 9 Juli 2016 di Taman Budaya atau Art Center, Jalan Nusa Indah Denpasar. Bagi wisatawan yg ingin mencari tahu jadwal mana yg diinginkan, dapat meminta buku panduan jadwal pementasan kepada panitia.

Di dalam jadwal pementasan telah tertera tanggal, jam, panggung bagian mana dan kesenian apa yg dipentaskan.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Tarian Legong Raja Cina yg dipentaskan di Pesta Kesenian Bali (PKB), Kamis (16/6/2016). PKB berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center.

Karena lokasi Taman Budaya yg luas, dengan memiliki panduan jadwal acara anda mulai memudahkan mencari panggung tujuan anda seperti panggung terbuka Kalangan Ayodya, panggung terbuka Kalangan Ratna Kanda, panggung terbuka Kalangan Angsoka, wantilan, Gedung Ksirarnawa, maupun panggung terbuka Ardha Candra.

Jika memang wisatawan tak dapat mendapatkan jadwal acara, dapat mencata atau memfoto jadwal yg terpasang berupa baliho di dua sudut sekitar Taman Budaya, kesulitannya memang tak praktis dan ribet.

2. Datang Lebih Awal

Jika wisatawan yg ingin menyaksikan pementasan salah sesuatu seni budaya di Pesta Kesenian Bali, dianjurkan tiba lebih awal, maksimal 15 menit sebelum acara. Karena, setiap pementasan di dua panggung terbuka terus dipenuhi penonton.

Bahkan mereka yg mulai menonton pementasan tersebut sampai nekat tiba 30 menit sebelum acara karena ingin mendapatkan tempat duduk dan tak mau desak-desakan dan berdiri.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Penonton memadati panggung pementasan Pesta Kesenian Bali (PKB) di Taman Budaya Denpasar. PKB ke-38 ini berlangsung 11 Juni hingga 9 Juli 2016 di Taman Budaya atau Art Center, Jalan Nusa Indah Denpasar.

Karena pementasan kesenian sekitar 1,5 hingga 2 jam maka penonton yg kerap tiba ke PKB telah paham betul. Dan ini kelihatan juga diikuti oleh wisatawan asing dan domestik yg tiba lebih awal.

“Kemarin aku gak mampu tempat duduk. Desak-desakan, berdiri lagi. Makanya aku tiba lebih awal, sekalian tadi jalan-Jakan dulu, jam 9 aku ke sini,” kata Tuti Salawia, wisatawan yang berasal Yogyakarta.

Tuti bersama keluarganya mulai bertahan sampai besok karena nanti malam mulai tiba lagi bagi nonton pementasan kesenian dari daerah asalnya merupakan Yogyakarta di Wantilan Taman Budaya.

3. Penginapan

Untuk memudahkan untuk wisatawan yg memang tiba ke Bali sebagian besar bagi menonton PKB dianjurkan menginap di hotel yg dekat dengan lokasi acara. Karena lokasi acara di tengah kota merupakan di Jalan Nusa Indah maka hotel yg strategis ada di Jalan Hayam Wuruk.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Tari Ledo Hawu yang berasal Kabupaten Sabu Raijua NTT yg tampil di Pesta Kesenian Bali, Denpasar, Rabu (15/6/2016 ).

Memang, hotel di Hayam Wuruk tak ada hotel bintang 5 tetapi sekelas hotel melati dan bintang 1 saja. Tapi hotel-hotel tersebut cukup laris oleh wisatawan karena di samping harganya terjangkau, tempatnya juga bersih, nyaman dan berada di tengah kota.

Tarif hotel di kawasan Jalan Hayam Wuruk sekitar Rp 200.000 – Rp 600.000. Jika ingin lebih bagus lagi, dapat menginap di kawasan Sanur yg lokasinya sekitar 3 kilometer dari acara.

Kalau di kawasan Sanur pastilah banyak hotel dan vila yg mahal dan berkelas. Tinggal pilih saja, mau yg mana.

4. Transportasi

Transportasi menuju acara PKB di Jalan Nusa Indah memang tak ada angkutan kota. Tapi angkot cuma melintas di Jalan Hayam Wuruk bagi jurusan Pasar Kreneng – Sanur. Angkot mulai melintas ujung Jalan Nusa Indah berjarak 100 meter dari lokasi acara.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Legong Muani oleh Sanggar Klasik Ardhanareswari ketika pentas di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38, di Denpasar, Bali, Kamis (16/6/2016).

Jika tak mau naik angkutan kota, dapat naik ojek, travel hotel atau menyewa mobil buat lebih leluasa. Jika lebih irit lagi mampu menyewa sepeda motor dengan tarif cuma Rp 50.000.

5. Perbekalan Pribadi

Perbekalan pribadi yg terpenting adalah uang cukup. Dengan uang wisatawan mulai banyak menikmati kuliner khas Bali dan membeli kerajinan khas Bali yg dipamerkan. Harganya memang relatif mahal dengan sajian dan kualitas baik.

Selain itu jangan luka bawa topi dan payung. Karena Taman Budaya cukup luas, pastinya kami mulai jalan kaki dari sesuatu tempat ke tempat lainnya dengan jarak yg lumayan berjauhan antara panggung sesuatu dengan panggung lainnya.

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 dibuka Presiden Joko Widodo di Depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali, Sabtu (11/6/2016). PKB berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center.

Dari pada kepanasan, payung dan topi dapat menjadi alternatif agar kami tak kepanasan karena cuaca. Selain itu, khususnya buat wanita dan anak-anak, dapat membawa bekal kipas.

Walaupun pementasan digelar di panggung terbuka tetapi dengan membeludaknya penonton mulai membuat gerah dan sesak. Dengan membawa kipas, mulai terbantu mendapatkan angin segar. 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/19/100600127/Anda.Ingin.Nonton.Pesta.Kesenian.Bali.Simak.5.Tips.Ini.
Terima kasih sudah membaca berita Anda Ingin Nonton Pesta Kesenian Bali? Simak 5 Tips Ini . Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Anda Ingin Nonton Pesta Kesenian Bali? Simak 5 Tips Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.