Anas: Kami Kembangkan Wisata Banyuwangi Nyaris Dari Nol

No comment 115 views

Berikut artikel Anas: Kami Kembangkan Wisata Banyuwangi Nyaris dari Nol, Semoga bermanfaat

SURABAYA, KOMPAS.com – Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masuk dalam Top 10 Indeks Pariwisata Indonesia menurut World Economic Forum (WEF) yg diumumkan di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Sembilan lainnya adalah Kota Denpasar, Batam, Surabaya, Semarang, Bandung, Bogor, Sleman, Badung, dan Bantul.

Indeks Pariwisata Indonesia disusun berdasarkan sejumlah kriteria, di antaranya aspek tata kelola, infrastruktur pendukung, potensi wisata, dan lingkungan pendukung bisnis pariwisata.

(BACA: Banyuwangi Pun Memiliki Hutan Pinus, Ini Lokasinya…)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku senang sekaligus terkejut mendengar kabar tersebut karena Banyuwangi disejajarkan dengan daerah yg notabene telah memiliki infrastruktur pariwisata sebelumnya.

“Sementara kita nyaris mengembangkan wisata dari nol,” katanya di Surabaya, Selasa (6/12/2016) malam.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Petambang memikul belerang seberat lebih dari 70 kilogram. Mereka harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kawah Gunung Ijen menuju Pos Paltuding di kawasan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat sekitar Gunung Ijen kini telah mengantisipasi gejala bencana dari kawah tersebut.

Menurut Anas, pariwisata di Banyuwangi dikembangkan dengan berbasis partisipasi publik. Banyak destinasi wisata yg dikembangkan sendiri oleh masyarakat karena mereka merasakan dampak ekonominya secara langsung.

Ia mencontohkan hutan pinus Songgon, wisata sejarah Kampung Temenggungan, wisata kopi Gombengsari, desa wisata Banjar jelajah budaya Desa Adat Kemiren, hingga Bangsring Underwater.

Bupati Banyuwangi menilai pariwisata adalah sektor yg paling murah dan cepat dalam memberikan dampak perekonomian.

”Pariwisata juga terbukti efektif mengangkat produksi barang dan jasa, termasuk agribisnis yg menjadi urat nadi perekonomian masyarakat kami,” katanya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Memberi makan ikan di rumah apung Bangsring Under Water di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Berkembangnya sektor pariwisata di Banyuwangi menjadi motor penggerak pengembangan sektor lainnya seperti infrastruktur dan sumberdaya manusia.

“Pelaku UKM berlomba memperbaiki produknya agar lebih laku juga banyak warga yg kursus bahasa asing agar dapat memandu tamu asing,” ucapnya.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/12/07/162100827/anas.kami.kembangkan.wisata.banyuwangi.nyaris.dari.nol
Terima kasih sudah membaca berita Anas: Kami Kembangkan Wisata Banyuwangi Nyaris dari Nol. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Anas: Kami Kembangkan Wisata Banyuwangi Nyaris Dari Nol"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.