Alternatif Transportasi Ke Bromo Selain Dari Bandara Malang

No comment 80 views

Berikut artikel Alternatif Transportasi ke Bromo Selain dari Bandara Malang, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang kerap ditutup akibat abu vulkanik Gunung Bromo. Catatan KompasTravel, dalam tahun 2015 dan 2016 bandara itu sudah ditutup sekitar lebih dari lima kali akibat erupsi Bromo.

Penutupan tersebut juga berimbas pada pembatalan penerbangan. Seperti kemarin, pada Senin (11/6/2016) sendiri terdapat pembatalan tujuh penerbangan yakni lima penerbangan Malang-Jakarta dan sebaliknya serta sesuatu jurusan Malang-Denpasar.

Meski demikian, tidak perlu risau bagi berwisata ke Gunung Bromo selama tidak memasuki radius berbahaya yakni sesuatu kilometer dari kawah aktif. Akses berwisata ke Gunung Bromo maupun kawasan Malang dan sekitarnya tidak cuma melalui Bandara Abdul Rachman Saleh.

Berikut KompasTravel berikan alternatif transportasi selain melalui Bandara Abdul Rachman Saleh.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Wisatawan menyaksikan erupsi Gunung Bromo dari Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Kamis (17/12/2015). Walaupun masih mampu melihat dari jarak di luar 2,5 kilometer dari Gunung Bromo dan melihat matahari terbit, terkait status Siaga Gunung Bromo membuat wisatawan yg berkunjung turun drastis hingga 90 persen.

Kereta Api ke Malang dan Surabaya

Dari ibukota DKI Jakarta ke Gunung Bromo, Anda mampu memanfaatkan moda transportasi kereta api. Anda mampu menaiki berbagai kereta api seperti ke Surabaya yakni Gaya Baru Malam, Jayabaya dan ke Malang yakni Matarmaja, Majapahit, Bima dan Gajayana dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Kereta tersebut  melewati jalur utara dan jalur selatan. Jika Anda turun di Surabaya, Anda mampu melanjutkan naik kereta api Mutiara Timur dengan rute Surabaya – Banyuwangi atau Sri Tanjung rute Yogyakarta – Surabaya Gubeng – Banyuwangi kemudian turun di Stasiun Probolinggo.

Dari Stasiun Probolinggo mampu naik angkutan kota ke Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo buat ganti angkutan desa seperti mobil elf ke arah Cemoro Lawang, ke arah Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura sebagai titik masuk ke wilayah Gunung Bromo.

 

Sementara seandainya turun di Malang, Anda dapat menuju ke Terminal Arjosari naik angkutan umum. Dari Terminal Arjosari, carilah angkutan umum menuju Terminal Bus Bayung Angga Probolinggo dan berganti angkutan desa ke Cemoro Lawang, Ngadisari.

Pesawat ke Bandara Juanda, Surabaya

Jika Bandara Abdul Rachman Saleh, Malan, Anda dapat memilih penerbangan ke Bandara Juanda. Berbagai maskapai penerbangan menawarkan penerbangan ke Bandara Surabaya.

Dari Bandara Juanda, Anda harus berganti moda transportasi kereta api atau bus. Jika memilih bus, pertama Anda harus pergi ke Terminal Bungurasih dengan memakai Damri dan melanjutkan perjalanan ke Terminal Arjosari dengan bus.

Tiba di Terminal Arjosari, carilah angkutan umum menuju Terminal Bus Bayung Angga Probolinggo dan berganti angkutan desa seperti mobil elf ke Cemoro Lawang, Ngadisari.

Jika Anda memilih transportasi kereta api dari Surabaya ke Gunung Bromo, Anda mesti naik kereta api dari Stasiun Surabaya Gubeng. Terdapat beberapa pilihan kereta api yakni Mutiara Timur dan Sri Tanjung.

 

 

 

 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/07/15/210402427/alternatif.transportasi.ke.bromo.selain.dari.bandara.malang
Terima kasih sudah membaca berita Alternatif Transportasi ke Bromo Selain dari Bandara Malang. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Alternatif Transportasi Ke Bromo Selain Dari Bandara Malang"