Alternatif… Biar Libur Lebaran Tak Menyebalkan

No comment 92 views

Berikut artikel Alternatif… Biar Libur Lebaran Tak Menyebalkan, Semoga bermanfaat


KOMPAS.com
– Libur lebaran dan sekolah pada tahun ini kembali berlangsung bersamaan. Apakah momen yg tidak terjadi setiap tahun ini harus berantakan karena salah perkiraan dan kepadatan lokasi wisata? Butuh alternatif bagi liburan?

Pada libur lebaran tahun lalu, misalnya, Ardi bersama istri dan beberapa anaknya berlibur ke Pantai Kuta, Bali. Namun sayang, Pantai Kuta yg biasa nyaman mendadak berubah 180 derajat karena dipadati para wisatawan lokal. Alhasil liburan mereka pun jadi menyebalkan.

Karena telah terlanjur berada di sana, Ardi dan keluarga mau tidak mau berusaha menikmati susana berlibur. Mereka dahulu menggelar tikar sebagai alas bagi berjemur di pinggir pantai yg teramat padat pengunjung.

Belakangan, Ardi menyadari ketidaknyamanan ini bermula dari perencanaan liburan yg yang berasal jalan.

Anda juga mampu milik cerita serupa dengan Ardi. Tentu saja, Anda pun tidak ingin mengulang kejadian tidak nyaman begitu.

Seperti kesadaran Ardi, perencanaan adalah kata kuncinya. Di sini, perhitungan biaya dan peluang penghematan pun telah tercakup di dalamnya.

Mau alternatif?

Bila jadwal cuti telah ditetapkan—menyesuaikan libur lebaran dan sekolah anak-anak—dan tidak ada agenda mudik ke kampung halaman karena seluruh keluarga ada di Jakarta, berlibur ke luar negeri mampu jadi alternatif liburan.

Ya, berlibur ke sana mulai memastikan Anda sekeluarga terhindar dari keramaian yg umumnya terjadi di obyek-obyek wisata lokal selama musim liburan lebaran.

Jika dana dan atau waktu liburan terbatas, alternatif berlibur ke kota-kota di Asia Tenggara seperti Singapura, Bangkok, Hanoi, dan Yangon dapat jadi pilihan.

Namun, bila milik dana berlebih, berlibur ke Hongkong, Jepang, atau bahkan ke kota-kota di Eropa seperti London dan Paris dapat menjadi alternatif.

Nah, berikut ini dua tips buat berlibur ke luar negeri selama libur lebaran:

1. Administrasi

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri pastikan Anda sekeluarga telah mempunyai paspor dan visa. Paspor adalah dokumen dari negara yang berasal buat membuktikan kewarganegaraan seseorang di luar negeri.

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Fisik paspor seri B yg baru saja diedarkan di DKI Jakarta, hari ini, Kamis (27/11/2014).

Adapun visa adalah surat izin buat memasuki negara tujuan. Kabar baiknya, sekarang tidak segala negara masih mengharuskan warga asing yg berkunjung ke negaranya memiliki visa.

(Baca:Inilah Daftar Negara yg Bebas Visa Berkunjung ke Indonesia)

Untuk itu, pastikan lalu apakah negara tujuan berlibur Anda membebaskan visa untuk warga negara Indonesia.

2. Berburu tiket pesawat dan penginapan

Kunjungilah situs-situs online pembelian tiket pesawat dan penginapan. Bandingkan harganya dan lihatlah testimoni dari orang yg telah memakai beberapa jasa layanan yg Anda cari.

Semakin banyak orang yg memberikan review atau testimoni yg baik bagi beberapa jasa layanan itu, dapat menjadi pertimbangan Anda bagi menjatuhkan pilihan.

Khusus bagi penginapan, sebaiknya cari tempat inap yg lokasinya berdekatan dengan tempat obyek wisata tujuan Anda. Dengan begitu Anda sekeluarga mampu menghemat waktu perjalanan dan energi.

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbang yg lebih terjangkau, lakukanlah perburuan pada malam hari.

Beberapa maskapai low cost Carrier (LCC) baru memulai penjualan tiket pukul 23.00 WIB. Kesempatan Anda mendapatkannya pun jadi lebih besar karena pada malam hari orang jarang berburu tiket.

3. Agenda wisata

Agar bisa memaksimalkan waku liburan, usahakan Anda sekeluarga telah menyusun daftar tempat wisata yg ingin dikunjungi setiap harinya. Diskusikanlah terlebih lalu dengan anggota keluarga yg berlibur bersama, agar setiba di sana telah sesuatu suara.

shutterstock

Buatlah jadwal perjalanan yg masuk akal. Misalnya, pada hari pertama Anda mulai mengunjungi beberapa obyek wisata karena lokasinya berdekatan. Sebaiknya alokasikanlah waktu sesuatu hari khusus bila ingin berkunjung ke destinasi wisata yg jauh dari lokasi penginapan.

Pastikan juga Anda telah mempelajari lokasi dan rutenya agar tak membuang-buang waktu lagi saat telah sampai di negara tujuan.

4. Proteksi

Anda sekeluarga juga perlu perlindungan terhadap hal-hal tidak terduga yg mampu saja terjadi, seperti kecelakaan. Terlebih lagi, ketika berlibur ke luar negeri, status Anda sebagai warga negara asing mempunyai dua keterbatasan buat mendapat pelayanan publik.

Nah, sekarang telah ada banyak proteksi yg menjangkau layanan hingga ke luar negeri. Sudah begitu, kini proteksi tidak lagi cuma memberikan dana penjaminan bagi keadaan darurat, tapi juga dikemas sesuatu paket dengan investasi menjadi produk proteksi unitlink.

Dalam perkembangannya, produk proteksi unitlink juga memungkinan penambahan jumlah setoran dari nominal yg biasa disetorkan. Langkah ini dikenal dengan sebutan top-up. Tujuannya adalah memperbesar peluang hasil investasi yg didapat.

Bagi pengguna layanan Commonwealth Life, misalnya, top-up produk proteksi unitlink-nya bahkan mampu menjadi kesempatan bagi mendapatkan voucher traveling senilai ratusan juta rupiah. Promo Top-Up Win tersebut berlaku hingga 30 Juni 2016.

Sudah terproteksi, milik investasi, dapat mampu ongkos jalan-jalan gratis ke luar negeri, masa mau ditolak? Selamat berlibur….
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2016/06/21/124241127/alternatif.biar.libur.lebaran.tak.menyebalkan
Terima kasih sudah membaca berita Alternatif… Biar Libur Lebaran Tak Menyebalkan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Alternatif… Biar Libur Lebaran Tak Menyebalkan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.