Aksi Magis Pawai Cap Go Meh Singkawang Yang Fenomenal!

No comment 132 views

Berikut artikel Aksi Magis Pawai Cap Go Meh Singkawang yang Fenomenal!, Semoga bermanfaat

Singkawang – Pawai 565 tatung ketika perayaan Cap Go Meh di Singkawang memang ditunggu wisatawan. Aksi kebal senjata tajam dan kesurupan membuat heboh suasana.

Pawai ini begitu spesial karena ditonton Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya, Walikota Singkawang Awang Ishak, Sekjen ASEAN Le Luong Minh, Utusan Khusus Seychelles Nico Barito bersama 34 dubes Asia, Eropa dan Afrika. Pantauan detikTravel, Sabtu (11/2/2017) ribuan warga dan wisatawan memenuhi lapangan Kantor Walikota sampai jalanan yg menjadi rute pawai.

Tatung adalah penampil ilmu kebal dalam pawai Cap Go Meh. Mereka tampil dalam keadaan kesurupan kemudian diarak di atas tandu yg dipasangi golok-golok tajam.

Para tatung ini ada yg menggunakan kostum dewa-dewa China, kostum pendekar bahkan kostum Kera Sakti. Kerennya lagi, pawai ini juga menampilkan para tatung dari etnis dayak dengan kostum yg khas.

Para tatung ini mengenakan kostum khas Dayak (Fitraya/detikTravel)Para tatung ini mengenakan kostum khas Dayak (Fitraya/detikTravel)

Pipi para tatung ditusuk jarum panjang, batang besi, kawat, bahkan gembok. detikTravel malah melihat sesuatu tatung yg pipinya ditusuk tombak dengan baling-baling. Bukan main!

Dalam aksi pun mereka menunjukan kesaktiannya. Golok dibabat ke tangan, perut bahkan lidah. Tidak ada yg luka atau berdarah.

Ada juga tatung yg liar dan tak terkendali sehingga harus dijaga oleh pawangnya. Tidak cuma itu aksi gaibnya. Parade tatung diselingi arak-arakan boneka semacam jelangkung yg diisi kekuatan gaib dan bergerak liar sehingga harus dipegangi.

Ada tatung yg pipinya ditusuk tombak berbaling-baling (Fitraya/detikTravel)Ada tatung yg pipinya ditusuk tombak berbaling-baling (Fitraya/detikTravel)

Tidak cuma para dubes, para wisatawan juga menikmati tontonan pawai ini. Seringkali mereka maju buat berfoto lebih jelas lagi. Lusiana (50) adalah turis dari Bandung, dia tiba dengan rombongannya bagi menonton Cap Go Meh setiap tahun.

“Ada sekitar 20-an. Kita menginap di Pontianak. Subuh-subuh berangkat ke sini dengan bus,” kata Lusiana.

Sementara Lili Sutardi (55) wisatawan yg juga dari Bandung mengaku senang melihat atraksi ini. Namun tarian pembuka paling berkesan.

“Tariannya ada tionghoa, dayak, melayu. Indonesia itu kalau bersatu indah ya,” kata Lili.

Pawai tatung ini jadi atraksi penting Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)Pawai tatung ini jadi atraksi penting Cap Go Meh Singkawang (Fitraya/detikTravel)

(fay/wsw)

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/02/11/131226/3419855/1519/aksi-magis-pawai-cap-go-meh-singkawang-yang-fenomenal
Terima kasih sudah membaca berita Aksi Magis Pawai Cap Go Meh Singkawang yang Fenomenal!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Aksi Magis Pawai Cap Go Meh Singkawang Yang Fenomenal!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.