Air Terjun Yang Punya ‘Pantai’ Di Sumatera Utara, Harus Lihat!

Berikut artikel Air Terjun yang Punya ‘Pantai’ di Sumatera Utara, Harus Lihat!, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Alam Sumatera Utara milik banyak pesona. Salah satunya air terjun Tibet di Kabupaten Simalungun, yg cantik dan milik pasir putih seperti pantai.

Alam Sumatera Utara menyimpan banyak pesona yg sangat indah dan menarik buat dikunjungi, salah satunya berada di Kabupaten Simalungun, di sini ada sesuatu air terjun cantik bernama Air Terjun Tibet.

Air Terjun Tibet berada di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Air terjun ini mampu dicapai dengan waktu perkiraan 90 menit dari Kota Pematang Siantar melalui Rute Pematang Siantar-Tanah Jawa-Kecamatan Hatonduhan.

Nama Air Terjun Tibet sendiri tak memiliki hubungan apapun dengan negara Tibet. Arti sebenarnya dari Air Terjun Tibet adalah singkatan dari Air Terjun Titi Beton. Karena di atas air terjun ini memang terdapat sebuah titi atau jembatan beton yg menjadi yang berasal muasal nama air terjun ini.

Air Terjun Titi Beton memang memiliki tinggi cuma 5 meter saja, namun airnya kelihatan cukup bersih dan segar, bahkan kelihatan berwarna hijau toska. Di sisi sebelah kanan air terjun ini juga terbentuk sesuatu daratan berpasir putih, sehingga kelihatan seperti pantai padahal berada di air terjun. Sedangkan di sisi sebelah kiri air terjun kelihatan dinding batu yg memiliki banyak rongga, sehingga tidak mengurangi ragam keindahannya.

Bagi yg ingin berenang di air terjun ini, harap berhati-hati, karena kolam air terjunnya cukup dalam, dan debit air terjunnya juga cukup besar. Ada baiknya pengunjung berenang di sekitar pulau berpasirnya saja.

Dibandingkan dengan air terjun yang lain yg ada di Kecamatan Hatonduhan, Air Terjun Tibet rasanya kurang terawat dan minim fasilitas, hal ini kelihatan dari banyaknya ilalang yg tumbuh di sekitar air terjun. Tangga trekking yg menghubungkan antara tempat parkir dengan dasar air terjun juga kelihatan cukup rusak. Sangat disayangkan rasanya karena menurut aku di antara air terjun lainnya di kecamatan ini, Air Terjun Tibet lah yg memiliki air terjernih dan tersegar.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/13/133600/3334246/1025/air-terjun-yang-punya-pantai-di-sumatera-utara-harus-lihat
Terima kasih sudah membaca berita Air Terjun yang Punya ‘Pantai’ di Sumatera Utara, Harus Lihat!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Air Terjun Yang Punya ‘Pantai’ Di Sumatera Utara, Harus Lihat!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.