Air Terjun Keren Yang Mulai Terlupakan Di Asahan

No comment 216 views

Berikut artikel Air Terjun Keren yang Mulai Terlupakan di Asahan, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di Kabupaten Asahan, Sumut ada sesuatu air terjun yg telah akan dilupakan orang. Air Terjun Sampuran Harimau namanya, padahal air terjun ini keren lho!

Dahulu kala, di kawasan Ngarai Sigura-Gura atau dikenal juga dengan nama Lembah Asahan, tepatnya di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, terdapat sesuatu air terjun yg sangat terkenal. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Sampuran Harimau. Namun ketika ini, air terjun tersebut secara perlahan sudah terlupakan.

Air Terjun Sampuran Harimau ini sejatinya adalah sebuah air terjun yg indah. Dulunya air terjun ini sangat terkenal di Asahan karena besarnya debit air terjunnya. Bahkan saking besarnya, suara jatuhan air terjunnya terdengar seperti suara auman harimau yg menggelagar dan terdengar sampai jauh. Hal ini pulalah yg menjadi yang berasal muasal nama air terjun ini sehingga bernama Air Terjun Sampuran Harimau.

Namun ketika ini, Air Terjun Sampuran Harimau secara perlahan terlupakan dan ditinggalkan. Bahkan akses jalan menuju air terjun ini sudah dihalangi semak belukar sehingga kalian sempat dua kali tersesat.

Ini disebabkan karena aliran Sungai Asahan di atas Air Terjun Sampuran Harimau sudah ditutup menjadi Bendungan Tangga bagi pembangkit listrik pada awal tahun 1980-an. Akibatnya, aliran Air Terjun Sampuran Harimau yg setinggi 28 meter menjadi sangat kecil alirannya dan kehilangan aumannya.

Meski demikian, Air Terjun Sampuran Harimau tetap menyimpan keindahannya. Dengan aliran air terjun setinggi 28 meter, di bawah aliran air terjunnya terbentuk kolam alami yg cukup dalam namun berair sejuk dan segar.

Di dalam kolam ini pun terdapat banyak ikan ikan air tawar. Sedangkan di sekeliling kolam air terjun ini bertebaran bebatuan cadas berbagai ukuran yg sepintas memunculkan kesan gagah sang harimau.

Di sisi Air Terjun Sampuran Harimau juga terdapat tebing batu yg mencapai tinggi 215 meter. Tebing batu ini adalah salah sesuatu spot panjat tebing yg cukup terkenal dikalangan pencinta rock climbing karena tebingnya yg cukup garang dan ekstrim.

Akhir cerita, tak ada yg abadi selamanya, bahkan keindahan alam itu sendiri. Namun ada baiknya biarkan ia di sana, tertidur indah dan menjadi mutiara dari masa lalu.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2016/11/25/101900/3317425/1025/air-terjun-keren-yang-mulai-terlupakan-di-asahan
Terima kasih sudah membaca berita Air Terjun Keren yang Mulai Terlupakan di Asahan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Air Terjun Keren Yang Mulai Terlupakan Di Asahan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.