Air Terjun Instagrammable Di Simalungun, Sumatera Utara

No comment 123 views

Berikut artikel Air Terjun Instagrammable di Simalungun, Sumatera Utara, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Di dekat perbatasan Kabupaten Simalungun dan Asahan, Sumut ada Air Terjun Jambuara. Objek wisata alam yg tampak fotogenik ini cocok untuk destinasi akhir pekan.

Keberadaan jejaring sosial yg kian eksis ketika ini ternyata cukup berpengaruh terhadap pariwisata. Hal ini aku lihat dari banyaknya remaja yg berlomba-lomba menunjukkan foto-foto petualangannya di objek wisata baru yg ternyata secara segera juga ikut mempromosikan tempat tersebut.

Salah sesuatu objek wisata yg ikut tenar karena keberadaan jejaring sosial adalah Air Terjun Jambura. Air terjun ini berada di Huta V pondok V, Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Berada tepat di perbatasan Kabupaten Simalungun dengan Kabupaten Asahan.

Air Terjun Jambuara tampak sangat indah. Air terjunnya berasal dari Sungai Aek Komangin dengan ketinggian air terjun mencapai 83 meter. Airnya pun sangat jernih dan menyegarkan yg kelihatan dari sungai yg mengalir dari air terjun ini yg begitu jernih dan berwarna hijau kebiruan.

Di dua titik, di sekitar kolam air terjunnya juga kelihatan warna-warna pelangi yg berpendar indah. Warna-warna pelangi ini muncul akibat pembiasan cahaya dari hempasan Air Terjun Jambuara yg deras.

Lanskap alam sekitar air terjun yg dikelilingi tebing-tebing batu yg menjulang tinggi tidak mengurangi indah panorama air terjun ini. Keberadaan pohon-pohon besar di sekitar air terjun juga tidak mengurangi segar pemandangannya. Di salah sesuatu pohon itu terdapat pula sarang burung elang, keren!

Dulunya objek wisata ini pernah dibuka buat umum, namun karena kurangnya promosi dan belum begitu terkenal di kalangan wisatawan membuat air terjun ini ditutup. Hal ini kelihatan dari adanya bekas jalur menuju air terjun yg sudah tertutup.

Setelah tenarnya air terjun di jejaring sosial, maka objek wisata ini pun kembali dibuka dan dikelola oleh masyarakat setempat. Berbagai fasilitas pun sudah disediakan oleh pihak pengelola seperti lokasi parkir yg rapi, kamar mandi dan kamar ganti, dan terutama jalur menuju air terjun dari lokasi parkiran kendaraan.

Beberapa larangan juga diberlakukan pihak pengelola, seperti dilarang berbuat mesum dan membawa narkoba agar keadaan objek wisata ini tetap aman dan nyaman. Tentunya traveler juga jangan membuang sampah sembarangan ya!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/12/154000/3332237/1025/air-terjun-instagrammable-di-simalungun-sumatera-utara
Terima kasih sudah membaca berita Air Terjun Instagrammable di Simalungun, Sumatera Utara. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Air Terjun Instagrammable Di Simalungun, Sumatera Utara"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.