Air Terjun 7 Tingkat Nan Fotogenik Di Sumbar

No comment 83 views

Berikut artikel Air Terjun 7 Tingkat Nan Fotogenik di Sumbar, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Akhir minggu di Kota Padang, ada Air Terjun 7 Tingkat yg dapat dikunjungi. Traveler mampu main air ataupun sekadar foto-foto.

Padang terus memberikan pesonanya. Tidak cuma keberagaman budaya, kuliner dan kemolekan wisata baharinya, namun Kota Padang juga memiliki sejumlah air terjun yg bisa dijelajahi.

Berada di daerah perbukitan dengan pemandangan alam yg serba hijau dan menyegarkan mampu menjadi pilihan dalam menghilangkan kepenatan dengan lebih mendekatkan diri dengan alam.

Pincuran 7 atau Air Terjun 7 tingkat namanya. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota sekitar 25 km dengan waktu tempuh 50-60 menit. Berlokasi di kawasan Agrowisata Lubuk Minturun tepatnya di daerah Aie Dingin, Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat.

Mengingat Kota Padang dipagari oleh Bukit Barisan yg membentang di sebelah timur sehingga banyak air terjun yg tersembunyi. Menuju air terjun ini tak sulit dan akses jalan sangat baik.

Perjalanan dimulai dari gerbang kawasan Agrowisata Lubuk Minturun diteruskan ke jalan pemandian ABG setelah itu ikuti jalan hingga sampai pada titik jalan yg berbatu dan tak beraspal. Kemudian nanti ada sesuatu pondok dan masyarakat sekitar yg bertanya dan memberitahu tempatnya.

Kemudian kendaraan aku parkirkan ditempat yg sudah disediakan. Masuk ke lokasi membayar sejumlah retributsi sebesar Rp 5.000 per orang dan parkir Rp 3.000 per kendaraan. Baiknya ke Pincuran 7 ini memakai motor agar lebih mudah.

Saat menjelajah kala itu aku bersama seorang teman. Keberadaan air terjun ini memang cukup jauh dari pemukiman warga, bahkan letaknya dapat di tengah hutan. Dari tempat penitipan motor hingga lokasi air terjun memakan waktu kira-kira 15-20 menit dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Meski berada di tengah hutan dan jauh dari keramaian ternyata ada sinyal lho. Sesuai namanya, Pincuran 7 ini memiliki 7 tingkatan. Pincuran ini artinya sama dengan sarasah atau aie tajun atau dalam bahasa indonesianya Air terjun.

Namun sebagian orang menyembut dengan tempat ini dengan nama air terjun 100 tingkat, mungkin karena banyak air terjunnya sehingga dijuluki seperti itu. Pincuran 7 ini berada di daerah ketinggian kelihatan panorama Kota Padang dan lautan dari sini.

Dikelilingi oleh pohon tropis yg tinggi dan cukup lebat. Namun kelihatan juga banyak kayu yg terbawa air saat hujan lebat. Sepertinya di daerah ini tidak jarang terjadi banjir bandang.

Suasananya masih asri dan berhawa sejuk. Banyak dijumpai hewan pengerat, kupu-kupu, capung bahkan bertemu dengan monyet hutan. Pincuran 7 ini belum begitu dikenal oleh masyarakat umumnya di Kota Padang. Masih minim sarana dan prasarannnya. Tidak ada tempat ganti, toliet dan aksesnya masih mengguankan jalan setapak sebab berada di dalam hutan.

Ketika menjelajah ke Pincuran 7 harus juga diperhatikan keadaan cuaca sebab bila dalam keadaan mendung lebh baik tak usah pergi ke lokasi air terjun. Untuk menghindari terjadinya air bah yg tiba tiba-tiba. Jangan meninggalkan sampah plastik dan merusak lingkungan di sana.

Manfaatkan hari liburmu dengan coba menyusuri tempat yg baru dan menjelajah keindahan air terjun yg masih asri dan menyegarkan. Tentunya, Pincuran 7 ini mampu menjadi alternatif dalam menikmati keindahan alam di Kota Padang.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/11/11/145500/3337703/1025/air-terjun-7-tingkat-nan-fotogenik-di-sumbar
Terima kasih sudah membaca berita Air Terjun 7 Tingkat Nan Fotogenik di Sumbar. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Air Terjun 7 Tingkat Nan Fotogenik Di Sumbar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.