Air Suci Dan Tempat Pembaptisan Yesus Di Sisi Sungai Yordania

Amman – Yordania menawarkan destinasi ziarah buat umat Kristiani. Di sana ada lokasi yg diyakini sebagai tempat pembaptisan Yesus Kristus oleh Yohanes Pembaptis.

Lokasi situs pembaptisan Yesus tersebut berada di sisi sungai Yordania, tepatnya di wilayah tepi timur sungai. Posisinya tidak jauh dari Laut Mati, cuma berjarak 9 kilometer saja. Dari ibu kota Amman, Anda mampu menempuh perjalanan sekitar 2 jam menuju titik bersejarah tersebut.

detikTravel menyambangi lokasi pembaptisan tersebut pada 16-23 Mei dahulu atas undangan Jordan Tourism Board (JTB). Pemandu profesional yg juga lulusan arkeologi dari Universitas Hashemite Yordania, Waleed Hayesat, turut mendampingi perjalanan tersebut sambil menjelaskan secara detail soal situs yg diberi nama ‘Bethany of Jordan’ tersebut.

Setibanya di lokasi, Waleed mengingatkan bahwa situs pembaptisan Yesus ini berada di perbatasan antara Yordania dan Israel. Pemisahnya, cuma Sungai Yordania yg berjarak tiga meter saja.

Situs ini berada di antara perbatasan Yordania dan Israel (Madin/detikTravel)

Karena itu, ada dua prosedur militer yg harus dipatuhi, seperti larangan mengambil gambar video petugas. Sementara bagi foto selain sarana militer, diperbolehkan.

“Jangan mengambil video petugas militer yg berjaga atau fasilitas militer apa pun di sana, baik Israel maupun Yordania, nanti kalian mampu milik masalah,” pesan Waleed.

Situs pembaptisan Yesus ini sempat menjadi ‘rebutan’ antara Israel dan Yordania. Israel mengklaim area tersebut berada di wilayahnya, sementara Yordania pun demikian.

Namun sejak tahun 2015 lalu, UNESCO secara resmi mengakui bahwa situs pembaptisan Yesus sebenarnya ada di area Yordania. Maka itu, Bethany of Jordan masuk dalam daftar situs yg wajib dilestarikan.

Situs pembaptisan baru yg berada tidak jauh dari lokasi asli (Madin/detikTravel)

Menurut Waleed, UNESCO akhirnya meyakini situs pembaptisan ada di Yordania setelah mendapat presentasi ilmiah dari para peneliti yg melakukan ekskavasi di sana, salah satunya adalah Dr Mohammad Waheeb.

Para pakar dari Universitas Hashemite itu menemukan dua mozaik gereja tua yg dibangun di pinggir lokasi pembaptisan. Dari temuan itu dan dua temuan literatur lainnya, disimpulkan bahwa titik yg disebut dengan Al Maghtas adalah tempat pembaptisan Yesus sesuai dengan yg diceritakan dalam Alkitab Perjanjian Baru.

“Ini yg membuat UNESCO akhirnya percaya di sinilah tempatnya,” kata Waleed.

Sebelum datang di situs pembaptisan, Waleed sempat memamerkan lokasi yg dikenal dengan nama bukit Nabi Elia. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke area pembaptisan. Butuh waktu sekitar 15 menit berjalan kaki dari titik turun bus hingga sampai ke lokasi.

Di lokasi pembaptisan, kalian mulai melihat sebuah area yg dihalangi oleh garis plastik. Tidak boleh ada yg masuk ke situs tersebut karena dilindungi oleh UNESCO. Di dalamnya ada empat pilar, beberapa tenggelam dalam air dan beberapa pilar kelihatan jelas, yg diyakini sebagai titik penting pembaptisan Yesus.

Selain itu, ada juga anak tangga yg mengantarkan Yesus dari gereja yg di atasnya. Anak tangga itu sebagian ditemukan dalam keadaan asli, sisanya direstorasi kembali oleh pemerintah Yordania.

Di bagian atas, ada sisa-sisa mozaik gereja tua. Para pengunjung mampu sedikit masuk ke dalam gereja, bagi melihat dari dekat mozaik tersebut.

“Dulu di lokasi ini Sungai Yordania mengalir, sehingga Yesus dapat dibaptis. Namun seiring berjalan waktu, aliran sungai itu kini berubah dan tempat ini tak dialiri air lagi. Air yg ada sekarang, adalah air yg dibawa dari sungai,” terang Waleed.

Gereja Santo Yohanes Pembaptis di dekat situs (Madin/detikTravel)

Tiga Paus pernah mendatangi situs ini. Pada tahun 2000, Paus John Paul II datang, kemudian Paus Benedict XVI juga hadir tahun 2009, terakhir pada bulan Mei 2014, Paus Francis ke lokasi didampingi oleh para pemimpin Yordania.

“Kehadiran Paus semakin tidak mengurangi kesucian tempat ini,” terang Waleed.

Setelah situs pembaptisan, Anda juga dapat menyambangi gereja Yohanes Pembaptis yg berada di sisi Sungai Yordania. Di sana, banyak jemaat yg dibaptis dengan air suci yg diambil dari sungai.

Tak lupa, Anda juga mampu mendatangi Sungai Yordania yg berbatasan segera dengan Israel. Saat disambangi detikTravel, ada dua jemaat yg berdoa dan dibaptis di sungai tersebut. Baik di sisi Israel maupun Yordania.

“Di sini dapat kelihatan jelas bendera Israel. Jarak antara beberapa negara cuma dipisahkan tiga meter saja,” tambah Waleed. (krn/rdy)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/05/26/163009/3218638/1520/air-suci-dan-tempat-pembaptisan-yesus-di-sisi-sungai-yordania
Terima kasih sudah membaca berita Air Suci dan Tempat Pembaptisan Yesus di Sisi Sungai Yordania. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Air Suci Dan Tempat Pembaptisan Yesus Di Sisi Sungai Yordania"