Ada Bahaya Mengintai Di Balik Pesona Hulu Citarum

No comment 77 views

Berikut artikel Ada Bahaya Mengintai di Balik Pesona Hulu Citarum, Semoga bermanfaat

detikTravel Community –  

Pekan dahulu detikTravel baru saja mengadakan acara piknik di hulu Citarum. Ternyata di balik keindahannya, ada bahaya yg tengah mengintai.

Komunitas detikTravel mengadakan camping di Hulu Citarum, tepatnya di Situ Cisanti. Peserta juga melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sampah di sepanjang trekking yg berkeliling Situ Cisanti.

Di hulu Citarum, terdapat tujuh mata air yg menyatu di dalam suatu danau buatan akibat letusan gunung Sunda bernama Situ Cisanti. Selain itu  terdapat prasasti petilasan Dipatiukur. Salah sesuatu pejuang dari tanah Pasundan.

Penduduk sekitar memanfaatkan situ Cisanti buat kegiatan memancing ikan dan mencari kerang hijau.

Kondisi lingkungan di Citarum berubah semenjak banyak didirikan pabrik di sepanjang aliran sungai. Banyak limbah pabrik dibuang ke sungai tanpa proses penyaringan. Begitu pula dengan kebiasaan masyarakat peternak sapi susu perah yg membuang air limbah kotoran sapi segera ke sungai.

Seiring pesatnya pertumbuhan penduduk, maka dengan alasan ekonomi peladang akan menebang pepohonan, memangkas perbukitan menjadi dataran yg rata untuk  bertanam sayur mayur.

Dampak dari cara berkebun yg rata di kemudian hari bisa menyebabkan longsoran perbukitan. Pencemaran sungai dari sisa pemupukan akibat penyiraman kebun sayur juga  menjadi hal yg biasa dikerjakan penduduk.

Dengan keadaan lingkungan yg mengkhawatirkan, diharapkan pemda Jawa Barat langsung turun tangan membenahi hulu sungai Citarum agar tetap terjaga kelestariannya.

Demikian kegiatan camping detiktravel kali ini. Nantikan cerita seru selanjutnya. detikTravel jalan-jalan terus!

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/09/21/102000/3302654/1025/ada-bahaya-mengintai-di-balik-pesona-hulu-citarum
Terima kasih sudah membaca berita Ada Bahaya Mengintai di Balik Pesona Hulu Citarum. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ada Bahaya Mengintai Di Balik Pesona Hulu Citarum"