Ada Apa Di Balik Tradisi Lompat Batu Nias?

No comment 126 views

Berikut artikel Ada Apa di Balik Tradisi Lompat Batu Nias?, Semoga bermanfaat

Nias – Liburan ke Nias, traveler mampu melihat atraksi lompat batu yg telah terkenal. Faktanya, tradisi itu memiliki makna mendalam untuk seorang pria.

Seperti pernah disaksikan segera oleh detikTravel, lompat batu tersebut bisa wisatawan lihat di Desa Bawamataluo yg berada di Nias Selatan. Desa ini masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya yg sekaligus menjadi sebagai salah sesuatu destinasi wisata andalan di Nias.

Diketahui kalau tradisi lompat batu itu telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Yang melakukan tradisi itu pun hanyalah para pria, sedangkan wanita dilarang.

Dari keterangan yg detikTravel dapatkan dari warga setempat, dulunya Nias yaitu kerajaan dan lompat batu adalah suatu tes yg harus dikerjakan oleh prajurit.

Kerajaan-kerajaan di Nias pada zaman lalu biasanya memiliki pagar dari bambu buat melindungi wilayahnya. Nah, para pria yg menjadi prajurit diharuskan terlebih dahulu bagi dapat meloncati batu agar dapat menembus pagar-pagar tersebut.

Lompat batu di Nias (Didit Majalolo/dTraveler)Lompat batu di Nias (Didit Majalolo/dTraveler)

Seiring perkembangan zaman, makna tradisi lompat batu bergeser lebih luas. Lompat batu pun dinilai sebagai lambang seorang pria remaja bagi dibilang perkasa dan dewasa. Ibaratnya, belum laki kalau belum dapat lompat batu.

Lompat batu dikerjakan dengan cara berlari, kemudian menginjak pijakan batu kecil buat menghempaskan badan ke udara. Batu yg dilompati, tingginya 2,1 meter.

Tingginya lebih dari 2 meter (Afif/detikTravel)Tingginya lebih dari 2 meter (Afif/detikTravel)

Bagi wisatawan yg melihatnya, mungkin kelihatan mudah. Namun tak untuk para pria Nias, sebab mereka harus berlatih terlebih dulu. Mereka berlatih melompati pagar kayu, kemudian selangkah demi selangkah melompati rintangan yg lebih tinggi.

Mereka yg melakukan lompat batu juga tidak selamanya mulus. Ada yg nyangkut di tengah, paling parah mendarat dengan posisi kaki yg salah dengan risiko maksimal patah tulang. Maka itu, persiapan melakukan lompat batu tidaklah main-main.

Kini tradisi lompat batu di Desa Bawamataluo sudah menjadi suguhan atraksi menarik bagi wisatawan. Datanglah segera ke Nias dan lihat atraksi melompati batu yg tiada dua!

Datanglah ke Desa Bawamataluo bagi melihatnya (Ida Hendriawati/dTraveler)Datanglah ke Desa Bawamataluo buat melihatnya (Ida Hendriawati/dTraveler)

(rdy/krn)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/10/20/091500/3324982/1519/ada-apa-di-balik-tradisi-lompat-batu-nias
Terima kasih sudah membaca berita Ada Apa di Balik Tradisi Lompat Batu Nias?. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ada Apa Di Balik Tradisi Lompat Batu Nias?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.