Ada 20 Hari Libur Pada 2017, Yuk Liburan Sekeluarga!

No comment 93 views

Berikut artikel Ada 20 Hari Libur pada 2017, Yuk Liburan Sekeluarga!, Semoga bermanfaat


KOMPAS.com –
Selama 2017, ada 20 hari libur yg mampu dipakai berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Survei mendapati, ada beragam manfaat mampu didapat dari liburan sekeluarga, tidak semata jalan-jalan dan belanja bersama.

Laporan Project: Time Off yang dilansir pada September 2015 menjelaskan, liburan sekeluarga mampu mempererat hubungan dan menguatkan kasih sayang di antara semua anggota keluarga.

“(Dari survei yg mendasari laporan itu), 84 persen responden menyatakan memiliki perasaan lebih dekat dengan orangtua ketika mereka berlibur,” tulis laporan tersebut.

Survei melibatkan 754 anak berusia antara 8 tahun hingga 14 tahun. Semua anak ini berasal dari keluarga dengan kedua orangtua bekerja di luar rumah.

Dari survei yg sama, 19 persen responden pun mengaku memiliki mood sangat baik setelah berlibur bersama orangtuanya.

Para responden juga berpendapat, orangtua mereka sudah melewatkan banyak peristiwa terkait anak-anak ini. Termasuk di dalam peristiwa yg terlewat adalah perubahan pada diri anak-anak tersebut.

Karenanya, 20 hari kesempatan hari libur pada 2017 seharusnya tidak boleh terlewat tanpa ada agenda liburan sekeluarga. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, tentu saja.

Apa saja yg dapat dirancang akan dari sekarang? 

Cek kalender

Daftar hari libur pada 2017 telah menjadi ketetapan berupa keputusan bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dari keputusan tersebut, selama 2017 ada 16 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama. Di luar itu, setidaknya ada lima long weekend buat tidak mengurangi panjang waktu liburan sekeluarga, karena ada lima hari libur pada Senin atau Jumat.

(Baca juga: Resmi, Ini Daftar Hari Libur Nasional pada 2017)

Tinggal cocokkan saja jadwal libur dan long weekend tersebut dengan waktu yg pas bagi mengambil cuti, bila butuh waktu panjang bagi liburan keluarga. Tinggal pilih, mau tidak mengurangi cuti pada hari-hari sebelum atau setelah tanggal libur yg telah terjadwal.

Pilih destinasi

Setelah prediksi tanggal berangkat telah didapat, cari destinasi wisata yg mulai dikunjungi. Riset kecil-kecilan mampu dikerjakan bagi mendapatkan suasana liburan paling berkesan bersama keluarga.

KOMPAS/DEDI MUHTADI Festival Nyaneut Garoet Mooi digelar warga Kampung Situgede, Desa Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (29/10/2016). Festival yg ditujukan bagi mempertahankan tradisi minum teh (“ngeteh”) di sisa-sisa perkebunan zaman Belanda ini sederhana, tapi kaya makna.

Anda juga mampu menyesuaikan jadwal keberangkatan dan lokasi wisata dengan agenda festival budaya setempat. Beberapa agenda itu antara lain:

  • 14-16 Januari 2017: Pesta Reba, Suku Bena, NTT
  • 10-15 Februari 2017: Festival Bau Nyale Putri Mandalika, Lombok
  • 11-14 Maret 2017: Festival Timba Laor, Ambon
  • 1-3 April 2017: Festival Tidore, Maluku Utara
  • 7 Mei 2017: Semarang Night Carnival, Semarang
  • 19-23 Juni 2017: Festival Danau Sentani, Papua
  • 9-10 Juli 2017: Upacara AAdat Tengger, Gunung Bromo
  • 8-10 Agustus 2017: Festival Budaya Lembah Baliem, Papua
  • 20 September-1 Oktober 2017: Pesta Budaya Tabuik, Pariaman
  • 10-16 Oktober 2017: Festival Reog Ponorogo, Ponorogo
  • 1-5 November 2017: Festival Mahakam, Samarinda
  • 9-10 Desember 2017: Festival Kora-kora, Ternate

Biar tujuan mempererat keakraban dan kasih sayang, jangan lupa pula buat bertanya kepada pasangan dan anak tentang destinasi dan macam liburan yg diinginkan. 

Anggaran dan proteksi

Setelah jadwal keberangkatan dan tujuan destinasi telah di tangan, pastikan anggaran memang memadai. Coba hitung lagi jumlah tabungan yg mulai dipakai buat liburan bersama keluarga nanti.

SHUTTERSTOCK Illustrasi

Kalau ketika ini belum tersedia nominal yg cukup buat liburan sekeluarga, ada baiknya memilih jadwal keberangkatan di setengah tahun terakhir. Tujuannya, mengumpulkan lalu dana yg dibutuhkan buat piknik itu.

Jangan terlewat memasukkan detail pengeluaran yg dananya harus dikeluarkan atau disiapkan. Selain transportasi, makan, dan penginapan, alokasikan juga dana cadangan buat camilan dan kebutuhan darurat selama perjalanan.

Satu lagi, siapkan proteksi buat segala anggota keluarga yg berangkat liburan. Untuk keperluan ini, pilih saja asuransi yg memiliki program proteksi jangka pendek. Misalnya, asuransi buat masa perlindungan sepekan dengan biaya tidak lebih dari Rp 30.000.

Tujuan proteksi tersebut adalah mengantisipasi risiko selama perjalanan dan atau ketika liburan sekeluarga. Salah sesuatu yg dapat dipakai adalah jasa “Asuransi Bebas Aksi Flash” dari FWD Life.

Meski jangka waktu penjaminannya singkat, jasa ini telah mencakup perlindungan buat kecelakaan diri, penggantian pengobatan, dan risiko meninggal dunia.

Siap berlibur sekeluarga?
Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/16/193505327/ada.20.hari.libur.pada.2017.yuk.liburan.sekeluarga.
Terima kasih sudah membaca berita Ada 20 Hari Libur pada 2017, Yuk Liburan Sekeluarga!. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "Ada 20 Hari Libur Pada 2017, Yuk Liburan Sekeluarga!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.