9 Bahan Dan Doa Wajib Dalam Hidangan Imlek “Yu Sheng”

No comment 89 views

Berikut artikel 9 Bahan dan Doa Wajib dalam Hidangan Imlek “Yu Sheng”, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari raya mulai lebih menyenangkan seandainya dihabiskan bersama orang-orang terdekat. Bagi Anda yg merayakan Tahun Baru China alias Imlek, tidak ada salahnya membuat hidangan yu sheng.

“Yu sheng itu makanan khas di Singapura, bukan di Indonesia. Kalau di Indonesia makannya bandeng. Memang seperti salad, pakai sayur dan ikan,” kata Guru Besar Program Studi China Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Hermina Sutami saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

BACA JUGA: Panduan Lengkap Menyantap Yu Sheng Saat Rayakan Imlek

Untuk membuat yu sheng di rumah sebenanrya tidak begitu sulit, sebab rata-rata bahan yu sheng adalah mentah alias tidak perlu diolah. Hal yg patut diperhatikan jutsru penggunaan bahan karena masing-masing bahan makanan memiliki filosofi yg mewakili kemakmuran, nasib baik, dan pengharapan rezeki.
 
Berikut adalah 9 bahan makanan bagi membuat yu sheng beserta artinya lewat informasi yang KompasTravel terima dari restoran Din Tai Fung. Siapa tau menginspirasi Anda bagi membuatnya sendiri:
 
1. Ikan
Ikan yg digunakan buat membuat yu sheng mampu daging ikan salmon atau tuna mentah yg segar. Doa yg disebutkan adalah “Nian Nian You Yu” atau sepanjang tahun berkelimpahan rezeki. 
 
2. Biji wijen
Biji wijen yg digunakan adalah biji wijen sangrai, dengan doa yg dipanjatkan “Sheng yi xing long” yg artinya bisnis yg berjalan baik. Biji wijen sendiri adalah simbol dari bisnis yg selalu berkembang.
 
3. Kacang tanah
Cacahan kacang tanah melambangkan rumah tangga yg dipenuhi emas dan perak dengan doa “Jin Yin Man Wu”.
 
4. Lobak putih
Lobak putih mampu diparut atau diiris tipis. Lobak melambangkan kemajuan yg siginfikan khususnya dalam pekerjaan mendapat promosi dengan doa “Feng Sheng Shui Qi, Bu bu gao sheng”.
 
5. Wortel
Sama seperti lobak, wortel juga diparut atau diiris tipis. Wortel adalah lambang dari berkah atau nasib baik dengan doa yg dipanjatkan, “Hong yun dang taou.”
 
6. Lobak hijau
Bahan ini melambangkan usia muda dan diolah dengan cara yg sama seperti lobak putih juga wortel. “Qing Chun Chang Zhu” adalah doa yg dipanjatkan agar terus muda.
 
7. Minyak wijen
“Yi ben wan li, cai yuan guang jin” yg artinya adalah keuntungan yg belipat ganda dan sumber kekayaan yg berlimpah. Minyak wijen melambangkan rezeki yg selalu mengalir.
 
8. Jeruk bali atau jus lemon
Jeruk bali dan jus lemon disirimkan ke ikan yg melambangkan tidak mengurangi keberuntungan dan nilai yg berharga dengan doa “Da ji da li.”
 
9. Keripik
Bisa juga digantikan kulit pangsit goreng sebagai harapan dari bantal emas atau lambang dari emas yg berkelimpahan dengan doa “Man di huang jin”.
 
Sebagai tambahan bahan di atas, umumnya ditambahkan sari buah plum, lada putih, minyak zaitun, wijen panggang, dan kayu manis bubuk bagi tidak mengurangi nikamt rasa yu sheng.
 

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/01/12/130300327/9.bahan.dan.doa.wajib.dalam.hidangan.imlek.yu.sheng.
Terima kasih sudah membaca berita 9 Bahan dan Doa Wajib dalam Hidangan Imlek “Yu Sheng”. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "9 Bahan Dan Doa Wajib Dalam Hidangan Imlek “Yu Sheng”"