8 Destinasi Asyik Yang Bisa Dipilih Untuk Liburan Spontan

No comment 134 views

Berikut artikel 8 Destinasi Asyik yang Bisa Dipilih untuk Liburan Spontan, Semoga bermanfaat

Bogor – Karena tidak direncanakan, destinasi liburan dadakan biasanya dipilih yg dekat dengan tempat tinggal. Dari Jakarta, ini 8 destinasi asyik buat liburan spontan.

Berawal dari keisengan, akhirnya berangkatlah pergi liburan dadakan. Jika berangkat dari Jakarta, ada 8 destinasi dekat yg asyik dijadikan tujuan liburan spontan.

Disusun detikTravel, Kamis (18/8/2016), inilah 8 destinasi asyik yg dapat dipilih bagi liburan dadakan:

1. Puncak

(Yusup/detikTravel)

Bisa dibilang, inilah destinasi paling gampang buat traveler yang berasal Jakarta seandainya ingin liburan dadakan. Kapanpun dapat mendatangi tempat ini.

Seringnya, liburan dadakan dikerjakan pada malam hari atau subuh. Jumat malam bersama teman, segera dadakan ke Puncak. Tanpa persiapan, tanpa rencana. Seru!

Beberapa hal yg mampu dikerjakan di sana adalah duduk di kafe tepi kebun teh yg menawarkan pemandangan Bogor dari ketinggian. Cantik!

Ada juga yg mengunjungi Masjid Atta’awun sembari menunggu pagi. Jika telah pagi, berjalan meniti kebun teh pun jadi pilihan selanjutnya. Tak perlu waktu lama, yg utama liburan dan menyegarkan pikiran.

2. Bogor

(Sastri/detikTravel)

Pilihan selanjutnya adalah Bogor. Selain mampu dijangkau dengan kendaraan pribadi, kota ini sangat gampang juga didatangi dengan memakai commuterline.

Tak perlu memesan tiket kereta lebih dulu, karena keretanya banyak dan dapat berangkat setiap berapa belas menit sekali.

Kebanyakan traveler yg liburan dadakan memilih sarapan di kawasan Suryakencana atau Taman Kencana. Tinggal pilih mau kuliner yg mana.

Namun ada juga yg menuju Kebun Raya Bogor bagi piknik atau sekadar jalan-jalan. Sudah sampai di sana, kenapa tak sekalian keliling museumnya.

Ada Museum Zoologi yg masih jadi bagian Kebun Raya Bogor. Ada juga Museum PETA di Jl Jenderal Sudirman No 35. Masing-masing menawarkan pesonanya sendiri.

Ingin lebih larut bersatu dengan alam? Datang saja ke Bogor Barat. Di sana ada Center for International Forestry Research (CIFOR). Alamnya sungguh sejuk dan fotogenik!

3. Kepulauan Seribu

(Irene Fitricia/d’Traveler)

Bagi kamu yg kangen pantai dan mendadak ingin liburan ke pulau atau pantai, pasti Kepulauan Seribu kadang jadi andalan. Ya memang Kepulauan Seribu termasuk destinasi yg gampang dijangkau karena tak terlalu jauh dan tidak perlu memesan tiket.

Cukup tiba pagi hari ke Muara Angke dan pilihlah salah sesuatu kapal kayu yg mulai mengantar ke salah sesuatu pulau besar di Kepulauan Seribu.

Ada dua pilihan pulaunya seperti Pulau Pramuka atau Pulau Pari. Jika ingin ke pulau lain, kamu mampu sewa kapal nelayan buat mengantar. Banyak lho pulau yang lain yg asyik bagi dijelajahi di sana!

Idealnya, liburan dadakan ke Kepulauan Seribu dimulai pada Sabtu pagi dan pulang pada Minggu siang. Jadi pilihannya tidak perlu jauh ke pulau di ujung Jakarta. Bisa ke Pulau Tidung atau Pulau Pari pun telah asyik kok!

4. Bandung

(Avitia Nurmatari/detikTravel)

Nah, destinasi yg sesuatu ini kadang jadi incaran traveler yg pergi beramai-ramai dengan mobil atau touring dengan motor. Bandung memang asyik bagi dijadikan tempat liburan dadakan.

Ada banyak kafe di Dago yg menawarkan makanan enak dan pemandangan memukau. Penginapan pun banyak tersedia, dari yg budget, sampai yg lucu seperti butik hotel.

Kalau ingin lebih jauh, dapat juga ke Lembang atau ke Tebing Keraton. Meski perjalanan agak jauh, namun pengalamannya seru. Jadi takkan menyesal!

Kalau cuma di Kota Bandungnya, siap-siap macet karena pada akhir minggu biasanya padat.

5. Banten

(Shafa/detikTravel)

Tujuan liburan dadakan selanjutnya adalah kawasan Anyer dan sekitarnya. Banten terus menarik buat dijelajahi. Meski sebagian jalannya jelek dan tidak jarang macet, namun tetap saja banyak yg liburan ke sana.

Menginap di vila kawasan Anyer bersama keluarga atau teman jadi pilihan paling asyik bagi liburan dadakan. Meski pantainya tergolong biasa saja, namun bisa mengobati kangen mulai angin pantai dan ombak yg menenangkan.

Lebih jauh lagi, ada Desa Sawarna yg menawarkan wisata pantai eksotis. Berbeda dengan pantai di Anyer, Sawarna memiliki lanskap yg lebih menarik dan eksotis. Banyak traveler yg rela berjalan lebih jauh demi liburan di sini. Kamu mau?

Kalau tidak ingin pantai, ada pula wisata Kampung Baduy. Ada beberapa kampung yg mampu didatangi merupakan Kampung Baduy Luar dan Kampung Baduy Dalam. Untuk pengalaman yg lebih maksimal, cobalah mendatangi Kampung Baduy Dalam.

6. Garut

(FX Muchtar/d’Traveler)

Ingin liburan dadakan ke destinasi yg tak biasa? Maka Garut pun dapat masuk jadi pilihan. Di sana, ada Danau Cibereum yg cantik atau mandi air panas di Cipanas. Nah, tidak jauh dari sana, ada kebun bunga mawar, kemudian taman burung dan penangkaran elang.

Kota ini juga memiliki pantai. Beberapa di antaranya adalah Pantai Parang Paranje, Pantai Rancabuaya dan Pantai Cicalebak yg digadang-gadang sebagai saingannya Pantai Kuta Bali.

Untuk wisata sejarah, mampu menghampiri kota tua di kawasan Cangkuang. Di sana ada candi Hindu dan makam ulama yg bersebelahan. Harmonis!

7. Cirebon

(Randy/detikTravel)

Yang sesuatu ini juga tidak jarang dijadikan incaran untuk traveler yg ingin liburan dadakan. Tak terlalu jauh dari Jakarta dan menyajikan banyak objek wisata seru, Cirebon terus bikin penasaran.

Pertama, tentu kehadiran Keraton Kasepuhan membuat wisatawan ingin menjelajah di dalamnya. Kemudian ada Taman Sari Gua Sunyaragi yg memiliki bangunan unik dan sejarah menarik.

Untuk wisata religi, Cirebon menjadi salah sesuatu kota persebaran agama Islam oleh Walisongo. Salah sesuatu peninggalan yg dapat dilihat adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa yg kuno dan menyimpan sejuta sejarah.

Yang tidak boleh ketinggalan adalah wisata kulinernya. Kota Udang ini terkenal dengan Empal Gentong nikmat yg mampu ditemui di Plered. Lalu, ada juga Nasi Jamblang yg sungguh khas dan menggoyang lidah.

8. Tegal

(Info Tegal /d’Traveler)

Pantai dan air terjun, itulah yg ditawarkan Tegal kepada wisatawan yg hendak liburan dadakan ke sana. Ada dua air terjun andalan di Tegal merupakan Curug Luhur, Curug Manten, dan Curug Putri.

Ingin ke Pantai? Datang saja ke Pantai Alam Indah yg dekat Kota Tegal dan jalur Pantura. Ada pula Gua Lawet yg umurnya telah ratusan tahun. Tak kalah menarik ya!

Bahkan Tegal juga milik situs peninggalan purbakala. Namanya Situs Purbakala Semedo, kadang dibilang sebagai Sangirannya Tegal. Aneka fosil dan tengkorak manusia purba dapat dilihat di sini.

Satu yg tidak kalah terkenal di Tegal adalah pemandian air panas yg menyegarkan badan. Berada di kaki Gunung Slamet, siap-siap segarkan diri di Pemandian Air Panas Guci. (shf/fay)

Sumber: http://travel.detik.com/read/2016/08/18/105500/3277731/1519/8-destinasi-asyik-yang-bisa-dipilih-untuk-liburan-spontan
Terima kasih sudah membaca berita 8 Destinasi Asyik yang Bisa Dipilih untuk Liburan Spontan. Silahkan baca berita lain tentang Traveling lainnya.

Tags:

Leave a reply "8 Destinasi Asyik Yang Bisa Dipilih Untuk Liburan Spontan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.